Pemain Persib Jalani Tes Medis

Persib

Jumat, 18 Januari 2019 | 22:26 WIB

190118222645-pemai.JPG

PERSIB menggelar tes medis rutin sebelum hadapi kompetisi. Kegiatan ini selalu dilakukan oleh tim setiap tahun untuk memantau kondisi kesehatan para pemain. Doktor tim Persib, M.Rafi Ghani membeberkan beberapa aspek yang harus diuji sebelum pemain diijinkan berlaga bersama "Maung Bandung".

“Barusan baru saja pemain Persib sebagai persiapan untuk musim 2019 melakukan medical check up. Pemeriksaan ini meliputi test darah, urine, dan rekam jantung sama foto dada,” terang Dokter tim Persib itu di Graha Persib, Jumat (18/1/2019).

Rafi juga mengatakan dirinya tidak mau terburu-buru mengetahui hasil uji medis punggawa Maung Bandung musim 2019. Sebab butuh proses dari pihak laboratorium memeriksa medical check up para pemain yang jumlahnya banyak. Nantinya, hasil pemeriksaan akan menjadi pegangan tim medis dalam menangani pemainnya.

“Hasil sebetulnya sudah beberapa jam kemudian sudah diketahui, tapi karena ini banyak jadi minggu depan nanti ada resume dari hasil keseluruhan yang menjalani medical check up,” jelasnya.

Pemeriksaan medik ini juga bisa memberi gambaran Rafi dan juga jajarannya dalam mengetahui riwayat cedera pemain. Termasuk jadi salah satunya tes medis ini selain diperiksa laboratorium, juga ada pemeriksaan fisik keseluruhan. "Dari riwayat cedera ataupun operasi jadi semuanya diperiksa medical hari ini,” jelasnya.

Biasanya tes medis tahunan dilakukan di laboratorium tertentu. Namun kali ini berbeda karena pihak lab yang mendatangi kantor Persib di jalan Sulanjana. Rafi pun menjelaskan kenapa di tahun ini kebijakan berbeda diambil oleh pihak klub.
“Kalau pemeriksaan MCU yang langsung dilakukan di Graha Persib baru pertama biasanya kita yang datang ke tempat medical check up. Pertimbangan karena kita beda kerjasama sama laboratorium, terus pada saat kerjasama dengan yang ini ga memungkinkan kita untuk serentak datang ke sana,” tukasnya.

Akan tetapi, kegiatan tes medis tersebut belum di ikuti semua pemain Persib. Rafi Ghani mengatakan masih ada beberapa pemain yang akan menyusul untuk diperiksa kondisi kesehatannya. Ezechiel N’douassel, Bojan Malisic serta Esteban Vizcarra merupakan beberapa pemain yang belum medical check up.

“Yang kebetulan ada hari ini saja. Mungkin beberapa orang yang belum bisa diperiksa saat ini menyusul,” kata Dokter tim Maung Bandung itu ketika diwawancara di Graha Persib, Jumat (18/1).

Rafi menyebut untuk punggawa lokal yang sudah bergabung nyaris semuanya sudah dites. Hanya Muhammad Natshir yang gagal gabung dalam tes medis karena tidak melakukan persiapan. Kiper dengan nomor punggung 1 tersebut memang hendak pergi umroh dan untuk ikut tes medis harus melakukan puasa minimal 8 jam.

“Seluruhnya 22 orang tetapi 1 orang Deden karena mau berangkat umroh dia lupa ga ada persiapan jadi dia makan. Harusnya puasa dulu. Nanti dia termasuk yang menyusul pemeriksaannya,” terang Rafi.Tim pelatih juga ikut diuji kesehatannya, tetapi hanya Budiman yang ikut dalam kegiatan hari ini. katanya

“Sama tadi dua orang assisten izin, pak Yaya sama Gatot, nanti mungkin sekalian sama Dejan dan pelatih kepala (Radovic) sama-sama melakukan pemeriksaan kesehatan,” ucapnya menambahkan.

"Kita harapkan diberikan kemudahan dan kelancaran semoga diberi kelancaran semoga ibadahnya baik di sana ataupun pulang ke Bandung Selamat dan menjadi mabrur dan mabruroh," ucapnya menambahkan.

Tetapi Kuswara menjamin, kepergian 3 pemain tersebut tidak akan mengganggu jalannya persiapan tim. Ia mengatakan bahwa semuanya ini sudah di persiapkan oleh staf kepelatihan "Maung Bandung".

"Saya kira tidak, karena nanti pelatih akan menyiapkan juga cukup banyak pemain, insya allah pelatih akan mempersiapkan pemain yang ada," katanya.

Manajemen menjelaskan keputusan pemain yang akan diturunkan jelang laga nanti sepenuhnya ada di tangan kepelatihan. Kuswara menjelaskan, pelatih diberikan kebebasan untuk memilih pemain sesuai dengan kebutuhannya.

"Siapa yang nanti dipastikan bermainkan nanti piala indonesia 27 Januari main di Cilacap, kita serahkan saja ke tim pelatih yang akan turun baik di starting eleven ataupun cadangan," jelasnya.

Kendati demikian, manajemen tidak menampik bahwa mereka akan mengupayakan para pemain anyar sudah dapat bermain di Piala Indonesia. Kuswara akan mengintruksikan jajarannya untuk mendaftarkan pemain sesuai dengan keinginan Radovic untuk lawan Persiwa nanti.
"Tapi apakah bisa atau tidak, pada saatnya (nanti) kita akan memastikan, harusnya bisa didaftarkan, kalau nanti bergabung," jelasnya.

Selain ditinggal pemain intinya, sampai saat ini beberapa punggawa asing "Maung Bandung" belum juga menginjakan kaki di bumi priangan. Seperti, Ezechiel N'Douassel dan Bojan Malisic yang masih berada di negaranya masing-masing. Mengenai hal itu, Kuswara menuturkan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi kepada dua pemain tersebut untuk segera bergabung.

"Kemarin itu karena memang ada sesuatu jadi belum gabung untuk latihan, insya allah (mereka) akan segera bergabung," jelasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR