181204100036-menak.jpg

Menakar Peluang Persib Berlaga di Ajang Piala AFC

Persib

Selasa, 4 Desember 2018 | 09:58 WIB

Wartawan: Brilliant Awal

PERSIB Bandung menyisakan satu laga di penghujung Liga 1 2018. Di laga pamungkas, Persib bakal menjamu Barito Putera, Minggu (9/12/2018).

Jika meraih poin penuh, Persib bakal berada di peringkat ketiga klasemen akhir Liga 1. Jika mampu berada di peringkat ketiga, Persib memiliki kesempatan untuk berlaga di ajang Piala AFC. Piala AFC merupakan turnamen kasta kedua di bawah Liga Champions Asia (LCA).

Namun ternyata syaratnya cukup panjang. Hal itu itentukan oleh juara Liga 1 yang bakal berlaga di ajang LCA.

Siapa pun juara Liga 1, PSM Makassar atau Persija Jakarta terlebih dahulu harus mengikuti preeliminary sebelum masuk dalam babak penyisihan grup LCA.

Juara Liga 1 harus melewati tiga tahap agar bisa masuk babak penyishan Grup. Pertama, di preliminary East, juara Liga 1 harus melawan tuan rumah, Home United (Singapura) pada 5 Februari 2019.

Jika menang, juara Liga 1 sudah dinanti oleh Newcastle Jets (Australia). Laga ini digelar pada 12 Februari. Jika menang, juara Liga 1 masih harus melangkahi wakil Qatar, Al Gharafa SC di stage 3 pada 19 Februari.

Jika juara Liga 1 berhasilmengalahkan Al Gharafa SC, baru bisamasuk babak penyisihan grup dan langsung bergabung dengan Grup E.

Jika itu berjalan sesuai harapan, maka Persib baru bisa masuk Grup G (zona ASEAN) Piala AFC bersama Ceres Negros/Davao Aguilas (Filipina), Becamex Binh Duong (Vietnam), dan Shan United FA (Myanmar).

Namun jika ternyata juara Liga 1 kalah di salah satu stage, maka secara otomatis mengisi slot di Grup G Piala AFC. Dan jika itu terjadi, maka Persib tak bisa berlaga di ajang Piala AFC.

Lalu, mampukah juara Liga1 2018 berlaga di LCA? Biar waktu yang menjawabnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR