181108153815-nih-p.jpg

facebook

Nih Prediksi Asep "Munir" Kustiana Jelang Persib Kontra PSMS Medan

Persib

Kamis, 8 November 2018 | 15:30 WIB

Wartawan: Rahmat Sudarmaji


PELUANG Persib memenangkan pertandingan saat menjamu PSMS Medan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (9/11), lebih besar. Berikut anilisis mantan pemain Persib, Asep "Munir" Kustiana".

Menurut mantan gelandang bertahan Persib era 1990 ini sacara kualitas pemain Persib lebih unggul dibandingkan pemain PSMS. Begitu pun faktor pelatih Gomes lebih berpengalaman dibanding pelatih PSMS Medan Peter Butler.

Pemain Persib harus bisa lepas dari tekanan pemain PSMS yang berkarakter bermain keras dan cepat.Kalau bisa keluar dari tekanan itu anak-anak bisa menguasai jalannya pertandingan.

Kalau itu sudah teratasi, tugas berikutnya bagaimana pemain memanfaatkan setiap peluang yang ada. Ini pun butuh kesabaran. Mainnya lepas saja.

Terkait absennya tiga pilar Persib, yaitu Jonathan Bauman dan Dedi Kusnandar karena cedera, kemudian Febri Heryadi yang memenuhi panggilan Tim Nasional Indonesia untuk berlaga di Piala AFF 2018. Serta gelandang asal Korea Selatan Oh In-Kyun yang harus menjalani skorsing akibat kartu merah. Saya kira sudah diantisipasi pelatih Gomes.

Dalam latihan terakhir di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, saya lihat beberapa pemain ikut berlatih di kelompok utama, dan mendapat intruksi khusus pelatih Gomes.

Saya perhatikan pelatih sudah mempersiapkan untuk peganti Bauman, Febri, In Kyun dan Dedi. Untuk posisi itu masih ada Petrick Wanggai dan Supardi, keduanya bisa didorong ke depan mengambil peran Febri. Ditengah ada Kim dan Haryono, atau Eka Ramdhani.

Dari aspek non teknis, terkait sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, memang ada dampak, tapi saya percaya pemain dan pelatih sudah tidak mempermasalahkan soal itu. Intinya, Persib harus fokus menghadapi sisa pertandingan musim ini dengan harapan bisa memenangkan di setiap pertandingan.

Sebagai catatan, Liga 1 pekan ke-30 bakal jadi kesempatan emas bagi Persib Bandung menipiskan jarak dengan pemuncak klasemen PSM Makassar. Pada akhir pekan nanti, Persib Bandung akan menjamu tim penghuni zona degradasi PSMS Medan.

Di atas kertas, kekuatan Maung Bandung lebih unggul ketimbang PSMS Medan. Kembalinya Ezechiel N'douassel di lini depan terbukti mendongkrak performa Persib Bandung.

Pada pekan lalu, tim asuhan Mario Gomez ini menang 2-1 atas tuan rumah Bhayangkara FC. Tambahan tiga poin itu membuat Persib Bandung mengemas 49 poin, tertinggal empat poin dari PSM di puncak klasemen.

Kemenangan atas PSMS bakal menipiskan jarak dengan PSM menjadi satu poin. Kans itu terbuka mengingat PSM akan bertemu tim yang secara kualitas setara yakni Persebaya Surabaya.

Meski duduk di peringkat ke-10, Persebaya membuktikan diri tak bisa diremehkan setelah menang 2-0 atas Persija Jakarta akhir pekan lalu. Bukan tidak mungkin, PSM akan jadi korban kedua Persebaya.

Editor: Rahmat Sudarmaji

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR