Hadapi Pilkada 2020, KPU Kota Depok Siapkan Program dan anggaran

Pemilu

Kamis, 19 September 2019 | 08:06 WIB

190919080707-hadap.jpg

dok

Ilustrasi

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mulai mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang digelar pada 23 September tahun depan. Untuk Pilkada mendatang, KPU KOta mengajukan anggaran Rp64 miliar.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna di Depok, Kamis mengatakan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada, saat ini pihaknya sedang melakukan tahapan perencanaan program. Termasuk perencanaan anggaran yang sedang dibahas dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Depok.

"Anggaran yang kami ajukan sebesar Rp74 miliar. Kemudian diminta untuk efisiensi oleh TAPD menjadi Rp64 miliar. Berdasarkan informasi yang ada, rencananya akan disetujui sebesar Rp60 miliar, tapi kami belum tahu itu benar atau tidak," katanya.

Ia mengatakan, anggaran yang diajukan tersebut akan digunakan untuk pembiayaan seluruh tahapan Pilkada 2020. Mulai dari awal hingga akhir Pilkada nanti.

Selain itu, kata Nana pihaknya juga sedang melakukan pembicaraan teknis terkait persiapan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Rencananya, penandatanganan NPHD akan dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2019.

"Kami berharap dalam tahapan persiapan ini, semua dapat berjalan dengan baik. Termasuk terkait dengan penandatanganan NPHD nanti," ujarnya.

Sebelumnya KPU juga telah memastikan bahwa penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 digelar pada 23 September sehingga tepat setahun sebelumnya akan dilakukan peluncuran pelaksanaan.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA