Calon Kades 10 Desa di Kabupaten Bandung Deklarasikan Pilkades Damai

Pemilu

Rabu, 18 September 2019 | 13:35 WIB

190918133702-calon.jpg

Engkos Kosasih

PARA calon kepala desa dari 10 desa se-Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung melaksanakan deklarasi damai dan kesepakatan siap menyukseskan pemilihan kepala desa (pilkades) di Aula Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2019).

Deklarasi damai jelang pilkades serentak di Kabupaten Bandung pada 26 Oktober 2019 itu, dihadiri jajaran Muspika Cicalengka, para Pjs. Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan Panitia Pilkades beserta istri dari masing-masing calon kepala desa.

Dalam deklarasi damai tersebut terungkap, para calon kepala desa maupun tim sukses untuk menghindari kampanye hitam. Selain itu jangan saling menjelekkan calon kepala desa.

Camat Cicalengka H. Entang Kurnia mengatakan, para calon kepala desa beserta istrinya sengaja dihadirkan, menyusul pelaksanaan pilkades serentak di 10 desa di Kecamatan Cicalengka. Sedangkan di Kabupaten Bandung secara keseluruhan 199 desa.

"Saatnya melaksanakan kompetisi yang baik sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undang. Taati peraturan yang ada di perdes, tata tertib pilkades. Jika ada persoalan yang kurang sesuai ada panwas, bisa dilaksanakan musyawarah secara kekeluargaan," kata Entang di hadapan puluhan calon kepala desa.

Entang menjelaskan, kepanitian pilkades hanya di tingkat desa dan kabupaten, sedangkan di tingkat kecamatan hanya panitia pengawas saja.

"Silahkan para calon kepala desa jika ada yang dianggap kurang berkenan, bisa dilaporkan ke panwas. Ada aturan dan tata tertib di desa terkait pelaksanaan pilkades. Selain itu ada Babinsa, Bhabinkamtibmas, selain melakukan komunikasi dengan tim sukses maupun panitia pilkades," tutur Entang.

Entang berharap, para calon kepala desa untuk mengijuti aturan main di desa, misalnya ada gambar calon kepala desa buram atau kurang jelang dalam pencetakannya.

"Jangan dulu suudzon, dan bisa dikomunikasikan dengan baik. Niatkan semua ibadah untuk mencari rido Allah SWT," ungkapnya.

Camat mengimbau kepada para calon untuk melaksanakan kompetensi dengan sehat sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Jaga silaturahmi, persatuan dan kesatuan. Semua calon kepala desa harus sama-sama menjaga silaturahmi. Allah akan memberikan yang terbaik, siapa pun yang terpilih menjadi kepala desa. Niatkan ibadah dalam pilkades. Selama kompetisi pilkades jangan berbuat dosa. Jangan menjelekkan calon lain, apalagi berbuat dosa. Apa pun yang terjadi hakekatnya dari Allah SWT. Ada masalah diselesaikan dengan musyawarah," paparnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA