Hari Ini, KPU RI Akan Memulai Rapat Pleno Rakapitulasi Hasil Perhitungan Tingkat Nasional

Pemilu

Jumat, 10 Mei 2019 | 09:02 WIB

190510090535-hari-.jpg

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional Pemilu 2019 pada Jumat (10/5/2019) ini. Rekapitulasi akan dilakukan dengan satu panel.

Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik mengatakan, rencananya rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional dimulai pukul 13.00 WIB di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Untuk sementara pihaknya hanya akan menggunakan satu panel dalam rapat pleno nanti.

"Direncanakan pukul 13.00 WIB. Tapi kita masih menggunakan satu panel terlebih dahulu," kata Evi di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat

Dijelaskan Evi, penerapan satu panel dalam rapat pleno nanti, lantaran saat ini baru dua provinsi yang telah hadir.

Menurut dia, total sudah ada lima provinsi yang telah menyelesaikan rekapitulasi di tingkat provinsi, yakni Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Utara, Bali dan Kalimantan Tengah.

"Karena yang sudah hadir ini kan Bangka Belitung dengan Bali. Walaupun, memang sudah ada lima yang sudah selesai rekapitulasi. Tetapi kan mereka belum sampai ke Jakarta dan tentu untuk proses pertama itu, dua dulu yang kita akan laksanakan," Evi menjelaskan.

Sebagaimana diketahui, pasangan capres dan cawapres terpilih pada Pemilu 2019, nantinya akan ditentukan berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan secara manual dan berjenjang.

Hasil rekapitulasi suara tersebut dimulai dari tingkat Tempat Pemungutan Suara atau TPS sejak 17 -18 April, tingkat kecamatan 18 April - 4 Mei, tingkat kabupaten/kota 22 April - 7 Mei, tingkat provinsi 22 April - 12 Mei, dan tingkat nasional mulai 25 April - 22 Mei.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR