LPPJB : PKS Tempati Posisi Pertama dalam Pileg 2019 di Dapil 1

Pemilu

Rabu, 17 April 2019 | 21:13 WIB

190417211336-lppjb.jpg

Rio Ryzki Batee

KEPALA Peneliti LPPJB (Lembaga Pengkajian Publik Jawa Barat), Reza Gubarda mengatakan, partai PKS menempati posisi pertama di dapil 1 Jawa Barat (Kota Bandung dan Cimahi) pada Pemilihan Legislatif 2019.

"PKS diposisi pertama dengan 20 persen, disusul Gerindra dengan 17 persen. Jadi di Kota Bandung dan Cimahi, trendnya ke PKS," ungkapnya kepada wartawan di Tebu Hotel, Jln. Riau, Kota Bandung, Rabu (17/4/2019).

Menurutnya, hasil tersebut, dapat terus bertahan hingga masa hasil penghitungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Walaupun ada kemungkinan naik turun, karena real count yang baru sedikit.

Menurutnya, quick count yang dilakukan di 220 TPS, yang tersebar di Kota Bandung dan Cimahi. "Untuk quick count sudah 100 persen masuk, tapi real count yang masih terus berproses," katanya.

Reza menuturkan, 2 minggu sebelum masa pencoblosan, posisi Gerindra berada pada urutan pertama. Namun mendekati puncak pesta demokrasi, PKS langsung melejit diposisi paling atas.

"Tidak lama kemarin Gerindra di puncak, tapi sekarang PKS. Memang mengalami perbedaan dengan dapil-dapil lainnya di Jawa Barat," ujarnya.

Diakuinya, kepala daerah memberikan pengaruh yang cukup besar, khususnya Kota Bandung dengan Oded M. Danial yang berasal dari partai PKS. "Pengaruh kepala daerah cukup besar, ini jadi catatan untuk PKS terutama di Kota Bandung," tambahnya.



Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR