Pasca Pencoblosan Jaga Kondusifitas dan Ketenangan

Pemilu

Rabu, 17 April 2019 | 19:17 WIB

190417192621-pasca.gif

baz

Rumah Kerja Relawan 01 Jawa Barat, meminta para relawan untuk tidak termakan isu-isu hoax atau perpecahan, paska masa pencoblosan Pemilu 2019. Dimana dikhawatirkan dapat mencederai pesta demokrasi tersebut.

"Jadi kita harus jaga kondusifitas dan ketenangan setelah masa pencoblosan ini, khususnya kepada relawan. Sehingga kita terus mengawal proses penghitungan KPU," ungkap Ketua Dewan Pengarah Rumker 01 Jawa Barat, Ipong Witono di Rumker Relawan 01 Jabar, Jln. Sindang Sirna, Kota Bandung, Rabu (17/4).

Menurutnya hasil quick count sementara, dengan keunggulan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin tidak lantas membuat para relawan ber-euforia berlebihan. Namun tetap berdoa dan bersikap dewasa, sebelum ada hasil final dari KPU.

Seperti diketahui berdasarkan 8 lembaga quick count pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin lebih unggul dari Prabowo-Sandi. Diantaranya Litbang Kompas
Jokowi-Ma'ruf: 54,28 persen, Prabowo-Sandiaga 45,72persen. Indobarometer Jokowi-Ma'ruf: 53,81 persen, Prabowo-Sandiaga: 46,19 persen. Charta Politika Jokowi-Ma'ruf: 54,17 persen, Prabowo-Sandiaga: 45,83 persen.

"Momentum ini merupakan pembelajaran berharga bagi kedewasaan politik di Indonesia, walau melelahkan dan menyita energi. Setelah ini kita kembali merajut kembali persaudaraan bersama-sama," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Strategi dan Program Rumker Relawan 01 Jabar, Furqan AMC bersyukur dengan pelaksanaan proses pemilu yang berjalan lancar dan aman. Terlebih dengan partisipasi dari seluruh pihak, dalam mewujudkan hal tersebut.

"Hari ini yang menang adaalah seluruh masyarakat Indonesia, karena ini adalah prestasi untuk pesta demokrasi Indonesia. Karena kita melihat bagaimana negara lain, memantau proses demokrasi kita yang luar biasa besar ini," tuturnya.

Furqan juga menilai dengan partisipasi masyarakat juga cukup besar, dengan berbondong-bondong ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya.

"Bahkan di TPS tempat saya mencoblos yakni TPS 02 Sukaaman, Cicadas, hampir 80 persen dari daftar sudah hadir dan menyalurkan hak suaranya dalam waktu kurang dari tiga jam," tambahnya.

Editor: boedi azwar

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR