Gubernur dan Bupati Tinjau TPS 136 dan TPS 137 di Bantaran Sungai Citarum Baleendah

Pemilu

Rabu, 17 April 2019 | 15:01 WIB

190417150405-guber.jpg

M. Fadlillah

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil beserta rombongan meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) presiden dan legislatif di Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (17/4/2019).

Ridwan Kamil didampingi Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Agus Baroya dan rombongan sempat meninjau TPS 136 dan TPS 137 di bantaran Sungai Citarum.

Sebelumnya, kedua TPS itu direlokasi di kawasan terdampak banjir di Kelurahan Baleendah. Di Kabupaten Bandung tercatat 218 TPS terdampak banjir yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung.

"Saya melihat dan mendengar, di musim hujan ada kendala banjir. Apakah ada kendala dalam partisipasi dan persiapan pelaksanaan pemilu. Alhamdulilah berkat kepemimpinan Bupati Bandung H. Dadang M. Naser dan Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya, semua kesiapan bisa dilaksanakan dengan baik. Bahkan ada 218 TPS yang sudah dipersiapkan di tempat baru setelah terdampak banjir di Kabupaten Bandung," kata gubernur kepada wartawan saat meninjau TPS 136 dan TPS 137 di bantaran Sungai Citarum Kelurhan Baleendah, Rabu siang.
 
Hal itu dibuktikan di TPS 136 dan TPS 137 Kelurahan Baleendah ini, imbuh Emil sapaan akrabnya, antusias warga pada pemilu ini sudah mencapai di atas 70 persen. "Ini sangat luar biasa," kata Emil.

Ia mengatakan, warga pemilih yang mendatangi lokasi TPS tersebut, sebagian ada yang lewat darat dan sebagian lagi dengan cara dijemput menggunakan perahu karena berada di lokasi banjir.

"Penjemputan dengan menggunakan perahu yang menggunakan mesin. Setelah dijemput, kemudian diantar kembali ke tempat asalnya," katanya.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaa penyelenggaraan pemilu di kawasan rawan banjir ini, mewakili profesionalisme penyelenggara pemilu. Pendaftar pemilih sampai pukul 12.00 WIB, setelah itu selama satu jam sampai pukul 13.00 WIB dilanjut dengan pendaftar yang membawa e-KTP atau tanpa membawa formulir undangan pencoblosan.

"Setelah itu dilaksanakan penghitungan dan disaksikan para saksi," katanya.

Ia menyatakan, media pun diperbolehkan menyampaikan informasikan dan memberikan hitungan hasil sementara setelah pukul 15.00 WIB.

Gubernur juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bandung yang baik ini untuk tidak mengekpresikan kemenangan kelompok atau golongannya dengan cara berkelompok atau berkerumun yang dapat menimbulkan keramaian atau kemacetan.

"Cukup nikmati proses demokrasi ini, pantau dari rumah. Karena hampir semua media 100 persen memberitkan hasil pemilu," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR