Yana : TPS Unik Berkesempatan Mendapat Reward

Pemilu

Rabu, 17 April 2019 | 14:15 WIB

190417141701-yana-.JPG

Darma Legi

Warga menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di RW 02, Jln. Cibadak, Kel. Cibadak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Rabu (17/4/2019). Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di RW. 02 bernuansakan Pendekar Samurai, Barongsai Mandarin, Kartini, Koboi, Sunda, dan lain-lain. Dengan tujuan memeriahkan dan menarik partisipasi warga untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

WAKIL Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengapresiasi kreatifitas masyarakat dalam menghidupkan suasana Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Bandung. Seperti TPS 29 di kampung Sekeburuy, menampilkan banyak hasil daur ulang sampah.

TPS yang terletak berbatasan dengan Kabupaten Bandung tersebut, mewarnai suasana dengan berbagai olahan atau hasil daur ulang sampah yang masih bisa dimanfaatkan. Seperti tas, pot bunga dan lain sebagainya.

"Adanya TPS unik ini sangat bagus, dengan menampilkan produk-produk hasil daur ulang. Jadi ikut mendukung program Kang Pisman," ungkapnya usai meninjau TPS 29, RW 06, Kampung Sekeburuy, Kelurahan Pasirwangi, Ujung Berung, Kota Bandung, Rabu (17/4/2019).

Menurutnya, sebagai bentuk apresiasi, pihaknya mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memberikan reward kepada TPS unik. Terlebih dengan berbagai kreatifitas yang diupayakan masyatarakat.

"Kita sudah mendorong KPU bersama kewilayahan, kepada TPS yang unik bisa memberikan reward termasuk dari pemerintah kota juga," katanya.

Disinggung terkait hasil pantauan TPS, lanjutnya, pada puncak pesta demokrasi tersebut untuk proses pencoblosan berjalan kondusif dan lancar. Diakuinya hal tersebut, merupakan upaya yang dilakukan oleh semua pihak dan stakeholder dalam mensukseskan Pemilu 2019.

Dikatakannya untuk antusiasme masyarakat dalam pemilu kali ini cukup tinggi. Sehingga optimistis, target partisipasi pemilih pada pesta demokrasi tahun ini bisa tercapai.

Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung menargetkan partisipasi pemilih 77,5 persen, yang merupakan target nasional. Pada Pilkada 2018 lalu, partisipasi mencapai 76,62 persen.

"Melihat tingkat partisipasi masyarakat hari ini, saya optimis target itu akan tercapai," ujarnya.

Sebelumnya, Yana telah meninjau proses pencoblosan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Sukamiskin Bandung.

"Mudah-mudahan Kota Bandung yang terkenal toleran, aman, damai tiap penyelenggaraan pilkada (pemilihan kepala daerah) maupun pemilu, bisa kita terus jaga kondusifitasnya," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Ujung Berung, Taufik mengatakan bahwa TPS 29 menjadi bagian dari Kang Pisman. Selain itu, dengan partisipasi masyatakat pada pilkada yang sebelumnya mencapai 82 persen, Ia yakin pada pemilu ini akan lebih besar lagi.

"Kita berharap bisa lebih besar lagi partisipasi masyarakat, dengan sosialisasi yang selama ini terus dilakukan," tambahnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR