Pemilu di Ciamis Banyak Kertas Suara yang Tertukar Dapil

Pemilu

Rabu, 17 April 2019 | 14:08 WIB

190417140942-pemil.jpg

Pepi Irawan

warga di kecamatan Sadananya yang bingung karena calon Pilihannya tidak terdaptar saat akan mencoblos

PELAKSNAAN Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Pilpres dan Pileg 2019 di Kabupaten Ciamis diwarnai dengan tertukarnya suarat suara daerah pemilihan (Dapil) untuk pemilihan DPRD Kabupaten Ciamis.

Informasinya, surat suara tertukar Dapil terjadi di TPS 28, Lingkungan Kertahayu, Kelurahan Sindang Rasa, Kecamatan Ciamis. Surat suara untuk pemilihan DPRD Kabupaten Ciamis yang seharusnya Dapil, namun yang ada adalah surat suara Dapil 6 juga sama hal di Kecamatan Sadananya.

Tertukarnya surat suara tersebut ditemukan oleh seorang warga Zaenal Aripin. Sebelum melakukan pencoblosan ia meneliti surat suara yang diperolehnya dari petugas KPPS.

"Saat mau nyoblos di surat suara tulisannya Dapil 6, seharusnya disini Dapil 1, saya langsung lapor ke petugas," ujar Zaenal Aripin.

Setelah itu, petugas memeriksa surat suara tersebut. Ternyata ada sekitar 18 surat suara yang tertukar itu telah dicoblos oleh warga yang sebelumnya telah melakukan pencoblosan.

"Jadi tadi itu tidak semua surat suaranya tertukar, dari tumpukan itu ada juga yang Dapil 1. Mungkin tertukar saat dibereskan sebelum disebar ke TPS," jelasnya saat menyaksikan petugas KPPS memeriksa surat suara.

Pantauan galamadianews.com setelah ditemukan adanya surat suara tertukar, proses pemungutan suara tetap dilaksanakan. Namun, ketika surat suara Dapil 1 habis proses pemungutan suara dihentikan sementara di TPS tersebut.

Sementara itu, Ketua KPU Ciamis Agus Abdul Fatah membenarkan adanya laporan surat suara yang tertukar Dapil untuk DPRD Kabupaten Ciamis. Ia mengaku telah diantisipasi, di back up oleh TPS terdekat atau penyangga. Namun KPU belum menjelaskan terkait penyebab tertukarnya surat suara tersebut.

"Sudah diantisipasi, di back up oleh TPS terdekat, penyangga," ucapnya melalui pesan singkat.


Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR