Datang ke TPS Ini Serasa Berada di Pesta Pernikahan

Pemilu

Rabu, 17 April 2019 | 13:36 WIB

190417133829-datan.jpg

Agus Somantri

TPS 21 di Kampung Panyingkiran, Desa Situsaeur, Kecamatan karangpawitan, Kabupaten Garut di dekorasi layaknya tempat pernikahan untuk menarik minat warga menyalurkan hak pilihnya.

BERBAGAI cara dilakukan untuk menarik minat masyarakat agar menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2019 ini. Seperti yang terlihat di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Garut yang dinilai cukup unik.

Di TPS 21 yang berada di Kampung Panyingkiran, Desa Situsaeur, Kecamatan karangpawitan, Kabupaten Garut tersebut, TPS didekorasi layaknya seperti lokasi pernikahan.

Mulai dari pintu masuk, tempat duduk pemilih, dan tempat duduk panitia dihias ornamen bernuansa pernikahan. Bahkan sebelum proses pemungutan suara dimulai, KPPS melepas balon ke udara layaknya menyambut pengantin.

Ketua dan anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) tampak terlihat menggunakan pakaian adat layaknya sedang menyambut tamu undangan. Sementara di bagian belakang kursi KPPS terdapat tulisan "Happy Nyoblos".

"Ya, kami sengaja bikin konsep yang beda dan unik, biar warga tertarik datang ke sini menggunakan hak pilihnya. Jadi mereka juga senang karena seperti datang ke tempat pernikahan," ujar Ketua KPPS 21, Asep Hilman, Rabu (17/4/2019).

Tak hanya panitia, sebagian warga yang mau mencoblos juga memakai batik. Sedangkan warga lainnya berpakaian rapih layaknya datang ke undangan pernikahan.

Menurut Asep, selain mendekorasi TPS dengan konsep ala pernikahan, panitia juga menyediakan makanan dan minuman untuk warga yang menunggu giliran  dipanggil untuk melakukan pencoblosan.  

"Kami juga sediakan makanan dan minuman, biar warga tidak bosan, soalnya kan cukup lama nunggunya," katanya.

Oom Homisah (42), salah seorang pemilih mengaku TPS di tempatnya memilih memang sangat unik. Konsep pernikahan tersebut jadi daya tarik untuk warga agar datang ke TPS.

"Suasananya sudah seperti pesta. Konsepnya bagus, jadi warga juga senang datang datang ke TPS," katanya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR