Bupati Aa Umbara dan Istri Nyoblos di TPS 04 Gang Murhadi Lembang

Pemilu

Rabu, 17 April 2019 | 12:08 WIB

190417121108-bupat.JPG

Dicky Mawardi

BUPATI Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan istri Yuyun Yuningsih menggunakan hak pilihnya di TPS 04,  Gang Murhadi  RT 3/RW 2 Desa/Kecamatan Lembang,  Rabu (17/4/2019) pukul 09.30 WIB. Ada 12 orang anggota keluarga besar orang nomor satu di Bandung Barat ini menggunakan hak pilihnya di TPS yang sama.
"Butuh  waktu lebih dari satu menit untuk mencoblos. Jujur saya khawatir dengan ukuran surat suara yang besar dan pilihan calon anggota legislatif yang banyak. Selain membingungkan warga juga bisa salah coblos," kata Umbara.
Ia memberikan contoh untuk calon anggota legislatif jumlahnya mencapai 643 orang. Belum ditambah caleg DPRD provinsi, DPR RI, DPD RI dan calon presiden dan wakil presiden. "Kekhawatiran pasti ada, tapi mudah-mudahan tidak salah coblos," ujarnya.
Mengenai pencoblosan di Bandung Barat,  Umbara mengatakan secara umum kondusif.  Masyarakat juga antusias untuk datang ke TPS.
"Harapan saya, tingkat partisipasi masyarakat meningkat. Pada pemilihan kepala daerah, tingkat partisipasi mencapai 77 persen. Mudah-mudahan dalam pilpres dan pileg sekarang naik," harapnya.
Menurutnya  dengan jumlah 643 calon legislatif untuk DPRD Bandung Barat saja,  dipastikan tim sukses nya lebih banyak. Belum ditambah calon legislatif DPRD Jabar,  DPR RI dan DPD RI yang juga memiliki tim sukses. 
"Kalau pemilihan bupati tim suksesnya terbatas,  tapi kalau pileg pasti setiap calon memiliki tim sukses. Mestinya dengan jumlah tim sukses yang segitu banyak,  sosialisasi ke masyarakatnya akan jauh lebih efektif. Sehingga tingkat partisipasi juga bakal meningkat,"  paparnya. 
Bupati pun berpesan kepada para caleg untuk selalu menjaga kondusivitas. Hasil apapun harus diterima dengan ikhlas.

"Bagi yang terpilih harus amanah dan selalu berpihak pada rakyat. Buat yang belum berhasil harus legawa,  menerima dengan lapang dada," ujarnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR