KPU Kabupaten Bandung Optimistis Target 77% Partipasi Masyarakat Tercapai

Pemilu

Rabu, 17 April 2019 | 12:02 WIB

190417120501-kpu-k.jpg

Engkos Kosasih

KPU : Banyak Masyarakat Antri Gunakan Hak Pilihnya di TPS

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Supriatna menyatakan, masyarakat terlihat antusias berbondong-bondong datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) di Kabupaten Bandung, Rabu (17/4/2019).

Diharapkan, target 77 persen partisipasi masyarakat bisa tercapai. Pencapaian target itu  KPU menetapkan 2.360.659 daftar pemilih tetap yang tersebar di 10.338 TPS di Kabupaten Bandung.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat tinggi. Hal itu dilihat banyaknya antrian warga yang akan menggunakan hak pilihnya di sejumlah TPS di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung," kata Supriatna kepada galamedianews.com di Ciparay, Rabu siang.

Tingginya antusias masyarakat itu, imbuh dia, setelah dirinya memantau di 6 TPS di Kecamatan Ciparay. Di antaranya, 4 TPS di Desa Ciparay dan 2 TPS di Desa Gunung Leutik Kecamatan Ciparay.
"Saya menafsirkan animo masyarakat masih cukup tinggi untuk menggunakan hak pilihnya," katanya.

Ia juga turut mendampingi Bupati Bandung H. Dadang M. Naser saat melaksanakan pencoblosan di TPS 29 Desa Gunung Leutik. Sedangkan Supriatna sendiri melaksanakan pencoblosan  atau menggunakan hak suaranya di TPS 9 Desa Ciparay.

Dirinya pun sempat berkomunikasi dengan warga pemilih usai melaksanakan pencoblosan. Kata Supriatna, ada di antara warga yang mengaku kaget ketika melihat ukuran surat suara saat berada di TPS. Selain banyak pilihan, juga ukuran lembar surat suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kabupaten Bandung yang cukup besar. Sedangkan lembar surat suara calon presiden dan wakil presiden lebih kecil.
 
"Saat saya tanya ke warga, ada di antara warga yang kaget juga dengan ukuran surat suara. Tapi mereka terpandu dengan dipasangnya daftar calon di setiap TPS," katanya.
 
Sebelum masuk ke TPS, imbuh Supriatna, mereka bisa melihat dulu pilihannya di papan pemunguman yang dipasang di masing-masing TPS. "Setiap calon tetap terpasang di papan pengumuman masing-masing TPS," katanya.

Namun khususnya untuk pemilih milenial atau pemilih pemula, katanya tak ada masalah. "Apalagi untuk anak-anak mudah sudah sangat paham dan pinter dalam menggunakan hak pilihnya di TPS. Tetapi untuk pemilih lansia, terbantu dengan pengumuman calon tetap yang ada di papan pengumuman," katanya.


Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR