Hanya Pilih Capres, Pemilih Asal Coblos Surat Suara yang Lain

Pemilu

Rabu, 17 April 2019 | 10:48 WIB

190417105229-hanya.jpg

Muslih Jerry/KP

Warga sedang melihat gambar calon peserta Pemilu 2019 pada contoh surat suara yang tertempel di dinding di luar TPS, warga masih kebingungan mencoblos karena calonnya banyak.

ANGGAPAN Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 hanya terkonsentrasi pada Pemilihan Presiden semakin terbukti. Banyak pemilih hanya asal mencoblos di lembar surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kota/kabupaten.

Setidaknya itu yang dilontarkan sejumlah warga di Desa Karangsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, Rabu (17/4/2019).

Salah satu warga Desa Karangsari Enok Jariah (43) mengatakan pada saat akan mencoblos masih kebingungan terutama untuk menentukan calon yang dari DPD RI alasannya tidak mengenali.

"Saya coblos semau hati aja. Orangnya juga tidak kenal," akunya.

Menurutnya bukan hanya dirinya sendiri rekan yang lain pun banyak mengalami hal sama tidak tahu calon dari DPD RI walaupun foto calon tersebut bagus juga jelas pada surat suara.

"Sama aja, pokoknya di coblos yang saya mau," tuturnya kepada wartawan Kabar Priangan, Muslih Jerry.

Hal sama dialami Siti (48) dirinya masih kebingungan menentukan calon yang akan dipilih baik itu dari DPRD Kabupaten/Provinsi, DPR RI juga DPD RI karena sangat banyak calonnya.

"Yang paling gampang tetap nyoblos calon Presiden dan wakil presiden," katanya.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Dusun Cipicung Desa Karangsari Kecamatan Padaherang Engkos Kosasih (45) menambahkan sebagai petugas KPPS selalu mengingatkan tata cara memilih mulai calon legislatif Kabupaten, Provinsi, RI hingga DPD RI kepada warga yang belum paham.

"Warga masih banyak yang kebingungan terutama untuk mencoblos dan sebelumnya sudah sering mensosialisasikannya," tambah Engkos.


Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR