Bawaslu Garut Temukan Uang Rp 100 Ribu Dalam Amplop

Pemilu

Selasa, 16 April 2019 | 16:54 WIB

190416165729-bawas.jpg

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut, menerima informasi adanya dugaan money politic sehari sebelum pencoblosan. Dalam poto yang diterima Ketua Bawaslu Kabupaten Garut, Ipa Hasfiah, ada uang pecahan Rp 50.000 sebanyak dua lembar dalam amplop putih serta dua lembar surat bergambar seruan untuk mencoblos calon anggota DPRD Kabupaten Garut.

"Kami menerima kiriman foto adanya dugaan money politic yang terjadi di Dapil I Kabupaten Garut," ujarnya, Selasa (16/4/2019) saat dihubungi melalui ponselnya.

Dikatakan Ipa, untuk mengecek kebenaran adanya dugaan politik uang, ia langsung mengintruksikan Panwascam dan Panwas Desa untuk melakukan investigasi di seluruh daerah di Dapil I Kabupaten Garut.

"Kami langsung mengintruksikan untuk melakukan investigasi adanya dugaan money politic yang dilakukan oleh calon yang berasal dari Partai Golkar tersebut," katanya.

Dalam menindak lanjuti kasus adanya dugaan money politik Bawaslu Garut terlebih dahulu harus memenuhi unsur materil secara koperaatif. "Ada proses dalam proses penanganannya, mudah-mudahan hasil investigasi kita mendapatkan barang buktinya. Kita ada temuan-temuan kita, ada uraian kejadiannya dan siapa yang membagi-bagikannya. Nanti itu hasil dari investigasi," cetusnya.

Dalam prosenya juga Bawaslu Garut, harus memenuhi sesuai tahapan. Yang mana pihak Bawaslu Garut baru menerima informasi berupa poto saja.

Terkait tindakan yang akan diambil oleh Bawaslu Garut, Ipa mengaku, belum bisa mengomentari lebih jauh. "Intinya kita akan mengintruksikan untuk menginvestigasi dahulu,"

Ipa menambahkan, kejadian ini sudah menjadi temuan Bawaslu Kabupaten Garut serta akan di gelar rapat pleno adanya dugaan pelanggaran Pemilu tersebut. pungkasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR