TPS 25 dan 26 Mendadak Dipindahkan ke Gedung Sekolah

Pemilu

Selasa, 16 April 2019 | 12:27 WIB

190416122841-tps-2.jpg

Engkos Kosasih

SEJUMLAH petugas dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) melaksanakan berbagai persiapan di tempat pemungutan suara (TPS) untuk persiapan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada pemilihan umum (pemilu) 17 April 2019 besok.

Pantauan galamedianews.com di lapangan, Selasa (16/4/2019) siang, seperti terlihat di TPS 26 yang menempati gedung ruang kelas IV SD Muhammadiyah di Kampung Babakan RW 12 Desa Majasetra, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung.

Sejumlah petugas KPPS 26 dibantu anggota Linmas di TPS 26 sedang mempersiapkan TPS guna kesiapan pelaksanaan pemilu 2019 ini, yang hanya sehari lagi. Sedangkan TPS 25, menempati gedung TK Al Hikmah, yang jaraknya sekitar 50 meter dari TPS 26. Petugas KPPS di TPS 25 juga sedang mempersiapkan kesiapan TPS guna pelaksanaan pencoblosan.

"Tadinya TPS 26 mau di lapangan terbuka dan sudah disiapkan tempatnya. Namun karena dibayangi turun hujan, akhirnya secara mendadak kita memindahkan TPS 26 ke gedung kelas 4 SD Muhammadiyah. Supaya aman dari ancaman hujan. Pemindahan TPS ini diketahui oleh berbagai pihak," kata Ketua KPPS di TPS 26 Mamik Purnama kepada galamedianews.com di TPS 26 Kampung Babakanm Selasa siang.

Selain mempersiapkan TPS, kata Mamik, para petugas KPPS sejak Selasa pukul 09.00 WIB masih menunggu pengiriman logistik pemilu 2019 dari petugas panitia pemungutan suara (PPS) ke TPS 26. Sampai pukul 11.45 WIB, belum ada pengiriman logistik pemilu karena terkendala turun hujan deras.

"Mungkin karena terkendala turun hujan, pengiriman logistik belum sampai ke TPS. Pengirimannya menggunakan cator, mungkin pengiriman logistiknya setelah tidak turun hujan," katanya

Sama halnya yang dikatakan petugas KPPS 26 lainnya, Dini. Menurutnya, TPS 26 akan disiapkan di lapangan terbuka. "Karena Selasa siang sudah mulai turun hujan, akhirnya TPS 26 dipindahkan secara mendadak ke bangunan sekolah. TPS di lapangan tak sesuai standar. Lapangannya becek, akhirnya TPS dipindahkan ke bangunan sekolah supaya aman dari ancaman hujan," katanya.

Petugas Linmas di TPS 26, Yadi dan Ujang mengatakan, pihaknya terus siaga di lokasi TPS tersebut. Bahkan, pihaknya masih menunggu pengiriman logistik pemilu yang akan dikirim PPS ke TPS 26 tersebut. 
Menurut Ujang, penempatan TPS di gedung sekolah sangat memudahkan petugas KPPS. "Soalnya, sudah ada meja dan kursi belajar yang biasa digunakan para siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Meja dan kursi itu tinggal menyusunnya," katanya.

Menurutnya, penyusunan meja dan kursi itu, setelah pengiriman logistik pemilu tiba di TPS. "Setelah logistik tiba nanti di TPS, kita terus melaksanakan penjagaan logistik," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR