Padang Gelar Lomba TPS Meriahkan Pemilu 2019

Pemilu

Selasa, 16 April 2019 | 08:57 WIB

190416085814-padan.jpg

PEMERINTAH Kota Padang, Sumatera Barat, akan menggelar lomba bagi tempat pemungutan suara di seluruh kecamatan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Kita sedang susun indikator penilaian tempat pemungutan suara (TPS) ini, yang pasti, tujuan lomba TPS untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih dan memeriahkan Pemilu 2019," ujar Kabag Pemerintahan Pemkot Padang Arfian Amhar di Padang, Selasa (16/4/2019).

Arfian mengatakan, lomba TPS yang digagas Pemko Padang juga akan menilai sejauh mana kontribusi masyarakat dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019, termasuk dalam menciptakan kondisi lingkungan yang aman dan kondusif.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Mursalim mengatakan Pemko Padang juga melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilu 2019, mulai dari distribusi logistik, ketersediaan logistik, pemungutan suara, penghitungan suara, hingga distribusi logistik usai pelaksanaan Pemilu 2019.

“Kesuksesan pesta demokrasi ini merupakan tanggung jawab bersama, termasuk aparatur Pemko Padang. Mari bersama tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pihak agar kelancaran pelaksanaan Pemilu 2019 benar-benar bisa diwujudkan," kata dia.

Sebelumnya KPU Padang merilis hasil verifikasi daftar pemilih yang dilakukan berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP2), jumlah pemilih Kota Padang bertambah menjadi 592.162 pemilih dari yang sebelumnya hanya 553 ribu pemilih.

Jumlah tersebut bertambah karena banyaknya pemilih yang baru berumur 17 tahun pada saat pemilu nanti, selain itu ada juga pemilih yang memiliki hak pilih namun belum melakukan perekaman KTP elektronik, kata Ketua KPU Padang M Sawati.

Selain itu TPS juga bertambah dari 1.600 lokasi menjadi 2.452 lokasi.

Sawati mengatakan jumlah ini bertambah terjadi karena pembatasan jumlah pemilih di setiap TPS. Awalnya setiap TPS maksimal diisi 500 pemilih namun saat ini setiap TPS dibatasi maksimal 300 pemilih.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR