Logistik Surat Suara Pilpres di Garut Belum Datang

Pemilu

Senin, 15 April 2019 | 21:18 WIB

190415212025-logis.jpg

Agus Somantri

Logistik pemilu di gudang KPU Garut, SOR Ciateul, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (15/4/2019) terlihat masih menumpuk.

HINGGA H-2 hari pencoblosan, distribusi logistik Pemilu di Kabupaten Garut masih belum rampung. Sejumlah Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) pun masih menunggu logistik untuk dikirim.

Bedasarkan pantauan galamedianews di dua gudang logistik KPU Garut di SOR Ciateul, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (15/4/2019), logistik Pemilu masih terlihat menumpuk.  

Salah seorang petugas PPK mengatakan, dirinya sudah tiga hari berada di gudang logistik KPU tersebut. Hingga saat ini ia masih menunggu logistik surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) yang belum juga datang.

"Ini masih nunggu. Surat suara PPWPnya belum datang. Kotak suara juga sama masih kurang," ujarnya di gudang logistik KPU Garut, SOR Ciateul, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (15/4/2019).

Sekretaris KPU Kabupaten Garut, Ayi Dudi Supriadi, menyebutkan, untuk kekurangan surat suara PPWP sebanyak 52 ribu lembar sudah dikirim KPU RI melalui KPU provinsi Jawa Barat kemarin malam.

Menurut Ayi, pihaknya akan memaksimalkan waktu yang ada untuk pendistribusian logistik. Pihaknya pun akan bekerja ekstra agar semua logistik bisa segera terdistribusikan ke semua kecamatan

"Sebanyak 15 kecamatan di wilayah selatan sudah menerima logistik Pemilu 2019. Saat ini tinggal distribusi yang wilayah kota dan utara," ucapnya.

Dikatakan Ayi, karena logistik merupakan hal yang krusial, maka mau tak mau pihaknya harus maksimal, bekerja ekstra keras agar pada tanggal 17 April nanti logistik sudah bisa digunakan di 8056 TPS yang tersebar.

"Intinya tanggal 17 (April) nanti sudah bisa dipakai (logistik)," katanya.

Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri, menuturkan, sampai saat ini logistik yang sudah didistribusikan sudah mencapai sekitar 70 persen. Ia menyebut, untuk wilayah selatan, seperti Kecamatan Caringin, Cisewu, Talegong, Mekarmuti, Bungbulang, Banjarwangi dan lainnya sudah dituntaskan.

"Sekarang tinggal menyelesaikan wilayah utara dan kota. Seperti  Kecamatan Malangbong, Cilawu, dan Karangpawitan itu kan jumlah desanya banyak. Jadi butuh waktu lama," ungkapnya.

Junaidin juga menegaskan, jika kekurangan logistik semuanya sudah terpenuhi. Ia menyebut, untuk formulir C2 dan C3 akan langsung diambil ke KPU Provinsi Jabar. Sedangkan surat suara PPWP juga akan diantarkan.

"Saya optimis besok juga sudah selesai. Untuk PPWP, proses lipatnya juga tidak akan terlalu lama. Ya mau gimana lagi, karena logistik ke Garut telat sampainya," ujarnya.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Kabupaten Garut, Iim Imron, mengaku khawatir jika logistik tak sampai tepat waktu. Karena itu, pihaknya meminta agar KPU untuk segera menyelesaikan proses distribusi.

"Sampai sekarang (kemarin) belum 100 persen. Kami sudah koordinasi dengan KPU agar secepatnya logistik bisa segera terdistribusi," ucapnya.(Agus Somantri)


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR