Jelang Masa Pencoblosan Pemilu 2019, ASN Kota Bandung Diminta Pantau Kantibmas

Pemilu

Senin, 15 April 2019 | 18:42 WIB

190415184318-jelan.jpg

Rio Ryzki Batee

WALI Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ikut memantau ketertiban dan keamanan masyarakat, menjelang Pemilu 2019. Dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi tersebut di Kota Bandung.

Hal tersebut sesuai dengan amanat Surat Edaran Menteri Dalam Negeri, untuk membacakan Ikrar Pernyataan Sikap Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Dimana Ikrar ini merupakan komitmen ASN Kota Bandung untuk turut menyukseskan Pemilu 2019 dengan aman, nyaman, dan kondusif serta menjaga netralitas.

"Tolong pantau keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas), dan kondisi di kewilayahan. Kita harus menjadikan Pemilu 2019 ini tetap aman, nyaman, dan kondusif," ungkapnya usai memimpin langsung pembacaan ikrar di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Senin (15/4/2019).

Selain itu, pihaknya pun meminta seluruh ASN untuk menegakkan aturan-aturan Pemilu 2019, salah satunya dengan memantau kewilayahan bila masih ada Alat Peraga Kampanye yang terpasang.

Ia berharap agar pesta demokrasi ini berjalan dengan meriah dan menyenangkan. Maka, pihaknya meminta kepada aparatur kewilayahan agar menciptakan suasana yang aman dan nyaman.

“Saya juga menitipkan kepada ASN, mari kita jaga Kota Bandung yang dikenal sebagai kota toleran dan kondusif. Dalam menghadapi pesta demokrasi ini, mari kita ajak masyarakat untuk bersukacita. Yang namanya pesta harus menyenangkan, bukan menakutkan,” tuturnya.

Yana juga mengimbau kepada para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar senantiasa menjaga kesehatannya. Pasalnya, para petugas KPPS bakal menjalankan tugas berat pada Pemilu 2019 ini.

Dikatakannya, dalam dua hari menjelang waktu pencoblosan ini memerlukan konsentrasi tinggi, guna menyiapkan kebutuhan hari pencoblosan pada 17 April nanti.

"Saya mengapresiasi penyelenggara pemilu dengan persiapan-persiapan ini. Saya yakin tenaga terkuras. Oleh karenanya, tetap sehat agar bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya," ucapnya.

Ia mengingatkan, agar para petugas KPPS tetap netral. Para petugas KPPS dan aparatur kewilayahan jangan sampai mengintervensi pilihan masyarakat.

"Laksanakan tugas sebaik-baiknya dan tetap bersikap netral," tambahnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR