KPU Garut Utamakan Dulu Pendistribusian Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

Pemilu

Jumat, 12 April 2019 | 13:27 WIB

190412132751-kpu-g.jpg

SETELAH melakukan penyortiran dan pengepakan logistik untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut mulai mendistribusikan logistik surat suara sejak Kamis (11/4/2019). Dalam pendistribusiannya KPU Garut memprioritaskan daerah yang terjauh khususnya wilayah Garut Selatan.

Aneu Nursifah, Komisioner KPU Garut Divisi Hukum dan dan Pengawasan, menuturkan, pendistribusian logistik sudah di mulai sejak Kamis (11/4/2019) untuk  Dapil 3 Garut Selatan.

“Kami mendistribusikan ke 5 lokasi Kecamatan terjauh seperti Talegong, Cisewu, Caringin, Mekarmukti dan Bungbulang,” ucapnya, saat di hubungi via telpon, Jumat (12/4/2019).

Menurut Aneu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terus melakukan pengepakan logistik yang bertempat di GOR Banyu Sinergi Mandala, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut untuk selanjutnya di distribusikan ke setiap PPK  “Untuk pendistribusian kami lakukan secara bergiliran tiap hari lima PPK yang melakukan pengepakan,” ujarnya

Aneu menjelaskan, jumlah surat suara yang di distribusikan ke setiap PPK sebanyak kurang lebih 10 juta meliputi surat suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Khusus untuk surat suara diberi cadangan sebanyak 2 persen dari total hak pilih.

"Untuk pengamanan baik dalam proses pendistribusian dan pelaksanaan Pemilu, KPU Garut menerjunkan personil TNI dan Polri. Jadi dalam pendistribusian dikawal oleh pihak TNI dan Polri," katanya.

Ia mengaku, proses pendistribusian logistik, sesuai dengan rencana akan selesai pada tanggal 14 April 2019 dan sudah masuk ke setiap PPK.

"Memang ada beberapa kendala dalam proses pendistribusian ke daerah yang jauh, salah satunya faktor cuaca serta armada. Ya, kalau daerah yang tidak bisa dijangkau oleh roda empat, kita terpaksa menggunakan roda dua," pungkas Aneu.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR