Penemuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia Cederai Demokrasi

Pemilu

Jumat, 12 April 2019 | 07:42 WIB

190412074239-penem.jpg

prfmnews.com

TEMUAN surat suara tercoblos di dua lokasi di Selangor, Malaysia bikin geger dan viral di media sosial.

Pengamat Komunikasi Politik Unisba, Yadi Supriyadi menyayangkan kejadian yang terjadi dalam video yang viral di Media sosial itu. Apabila kasus tersebut benar adanya, maka akan mencederai semangat demokrasi dan Pemilu yang Jurdil (Jujur dan Adil).

"Setelah diusut kalau hasilnya benar itu video, ini jelas-jelas merusak sekali demokrasi kita yang seharusnya semua pihak bersikap adil dan jujur dalam pelaksanaan pemilu lalu kemudian dicederai dengan hal-hal tidak baik seperti ini," ujarnya saat on air di PRFM, Kamis (11/4/2019).

Yadi pun mengapresiasi kinerja dari Bawaslu setempat dan menilai temuan ini malah menjadi ujian berat bagi KPU sebagai penyelenggara pemilu.

"Kita harus berprinsip pada pelaksanaan pemilu yang jujur, ketika ada satu pihak melakukan tindakan-tindakan yang tidak jujur, bawaslu berhak melakukan tindakan," ujarnya.

Ia pun menanyakan bagaimana kekuatan Politik Bawaslu RI setelah ramainya kasus ini nantinya. Yadi berharap, Bawaslu mampu bertindak lebih dari sekedar menunda pemilihan yang akan digelar di Malaysia 14 April 2019 mendatang.

"Ini jadi Momen bagi KPU dan Bawaslu untuk menunjukan integritasnya, bahwa mereka dua lembaga yang dipercayai oleh masyarakat, oleh karena itu kasus yang terjadi di Malaysia ini harus segera diselesaikan secara transparan," tutupnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR