Kodam III Siliwangi Gelar Latgab Pengamanan Pemilu di Cimahi

Pemilu

Senin, 11 Februari 2019 | 15:05 WIB

190211150753-kodam.jpg

Laksmi Sri Sundari

KODAM III/Siliwangi melakukan latihan gabungan pengamanan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di wilayah Jabar dan Banten dalam rangka mendukung tugas pokok TNI, yang berlangsung di Lapangan Brigif 15/Kujang Jln. Sudirman, Kota Cimahi, Senin (11/2/2019).

Dalam latihan tersebut, personel yang diturunkan sebanyak 650 orang dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Damkar dan Linmas. Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc, Wakapolda Jabar Kombes Pol Drs. Leonidas Braksan. M.M, Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusno Hadi, dan Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana.

Ada beberapa simulasi yang diperagakan dalam latihan, dimulai dari status keamanan hijau alias kondisi masih aman. Dilanjutkan dengan status kuning, yang artinya kondisi mulai terlihat ada gangguan, serta status merah yang artIrdam, Asops, Aren, dan Aslog Kasdam III/Siliwangi.inya ancaman gangguan Pemilu sudah benar-benar terjadi.

Praktik latihan pun meliputi tiga status itu. Dimana para personel gabungan memeragakan berbagai aksi pengamanan. Seperti pengamanan kericuhan yang dilakukan oleh masa, hingga penanggulangannya. Kemudian, ada juga penanganan kerusakan yang terjadi saat ancaman pengrusakan berbagai fasilitasPemilu.

Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Nurcahyanto mengatakan, latihan pengamanan kali ini merupakan rangkaian puncak simulasi yang dilaksanakan sejak 28 Januari lalu.

"Latihan ini memberikan pembekalan dan pemahaman kepada kita semuanya bagaimana menghadapi ancaman yang mungkin kita hadapi saat Pemilu nanti," jelas Kasdam.

Dalam latihan tersebut, pihaknya melihat ada sinergitas anatara prajurit TNI dan Polri dalam menghadapi ancaman Pemilu, yang mungkin akan terjadi dan dihadapi di wilayah Jabar dan Banten.

"Dari simulasi tadi sudah ada gambaran, bagaimana Prajurit TNI dan Polri dalam hal ini Babinsa dan Babinkamtibmas bersinergi melakukan tindakan-tindakan pengamanan diantaranya, melakukan patroli wilayah untuk menciptakan situasi yang kondusif yang dilakukan secara bersama-sama," terangnya

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR