Anggota Kodim dan Batalyon Infanteri 312 Dilempari Batu

Pemilu

Jumat, 8 Februari 2019 | 19:10 WIB

190208191210-anggo.jpeg

Ade Hadeli

Anggota TNI dari Kodim 0605 dan Yonif 312 Kala Hitam saat menghalau sekelompok massa yang melakukan penyerangan.

PULUHAN massa yang tidak diketahui asalnya tiba-tiba menyerang anggota Kodim 0605 Subang dan Yonif 312 Kalah Hitam yang sedang melakukan pengamanan Pemilu 2019. Mereka menyerang dengan melempari batu dan bahkan ada benda tajam.

Beruntung dengan kesigapan anggota TNI itu, segera meluncur pasukan khusus untuk menghalau aksi massa yang tidak puas atas pelaksanaan Pemilu. Akhirnya berhasil dibubarkan kerusuhan tanpa ada seorang pun korban jiwa. Hal ini terlihat saat simulasi drill taktis pengamanan Pemilu 2019 di Mako Yonif 312 Kala Hitam di Jalan Brigjen Katamso Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang, Jumat (8/2/2019) .

Dandim 0605 Subang Letkol Arh Edi Maryono melalui Pasi Ops Kapten Inf Herry didampingi Pasi Intel Kodim, Kapten Inf.Wiknyo menjelaskan, simulasi digelar agar para prajurit memahami dan menguasai protap serta prosedur pengamanan pemilu. Pada pengamanan Pemilu 2019 nanti, TNI memiliki tugas untuk mem-back up Polri.

“Latihan ini agar apabila terjadi gangguan keamanan tidak ada kesalahan prosedur yang dilakukan para prajurit,” ujarnya sambil mengingatkan agar jajarannya menjaga marwah TNI dengan tidak berpihak pada salah satu calon baik legislatif maupun presiden. Sebab, sesuai peraturan, TNI harus netral.

Sebab, netralitas sudah jelas dan sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi sebagai harga mati. Jika ada anggota TNI terbukti keluar jalur, membelot dari azas netralitas dalam pemilu nanti akan diberi mendapatkan sanksi.

“Aturannya sudah ada mulai dari teguran hingga sanksi administratif. Termasuk anggota TNI harus bisa menjaga diri untuk tidak terprovokasi maupun terpengaruh ajakan-ajakan tim pemenangan,“ ujar Pasi. Ops Kodim 0605 Subang.

Selain anggota yang terlibat dalam simulasi bersama para Danramil se-Kabupaten Subang tersebut. Kegiatan ini juga diawasi langsung Kasi Ren Rem 063/SGJ Mayor Inf Didi Supardi. “Kita bangga dengan pelaksanaan drill taktis pengamanan Pemilu yang digelar Kodim 0605 Subang dan Yonif 312 Kala Hitam tadi dan sangatlah baik sesuai protap yang ada, “ucapnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR