Dalam Pemilu, Peran Anggota Satlinmas Sangat Vital

Pemilu

Jumat, 8 Februari 2019 | 09:43 WIB

190208094417-dalam.jpg

Engkos Kosasih

KETUA Komisi A DPRD Kabupaten Bandung H. Cecep Suhendar menyatakan, peranan dan fungsi anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) yang bertugas di desa maupun kecamatan sangat vital dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang.

Menurut Cecep, anggota satlinmas di tempat pemungutan suara (TPS) mengalami kekurangan personel. Saat ini tercatat 5.600 anggota linmas, sedangkan jumlah TPS di Kabupaten Bandung mencapai 10.338 TPS. Artinya, keberadaan anggota linmas yang ada belum bisa mengkaper kebutuhan linmas yang akan ditugaskan di TPS.
"
Sementara satu TPS harus menugaskan 2 anggota linmas, sehingga mengalami kekurangan anggota linmas cukup banyak," kata Cecep.

Solusi untuk melengkapi kesiapan tugas anggota linmas, imbuh Cecep, kekurangan anggota linmas berasal dari masyarakat biasa untuk ditugaskan di TPS. Tetapi masyarakat biasa yang diperbantukan atau diberdayakan melaksanakan tugas anggota linmas diberi tanda atau atribut khusus pengamanan.

"Saat pencoblosan di TPS, fungsi anggota linmas itu siaga di pintu masuk dan pintu keluar TPS," katanya.

Ia mengatakan, untuk memenuhi kekurangan anggota linmas itu, rekrutmen anggota linmas yang baru tak mungkin dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Menurutnya, secara umum linmas ini bertugas melaksanakan perlindungan masyarakat yang berhubungan dengan ketentraman, ketertiban dan keamanan masyarakat dan kegiatan sosial lainnya. Untuk itu, fungsi linmas membantu memelihara serta meningkatkan keamanan jelang pemilu mendatang.

Disamping itu, katanya, anggota linmas harus mengawal penjemputan kotak suara. "Termasuk saat pemungutan dan penghitungan suara, anggota linmas harus ada. Kemudian saat penetapan hasil penghitungan suara dan pengiriman hasil dikawal oleh anggota linmas. Yang jelas, setiap tahapan anggota linmas harus terlibat langsung dalam membantu pengaman pemilu," ungkapnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR