LSI : Jokowi-Ma'ruf Unggul di Lima Kantong

Pemilu

Kamis, 7 Februari 2019 | 19:16 WIB

190207191824-lsi--.jpeg

HASIL survei LSI Denny JA menyebutkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Jokowi-Ma'ruf unggul di lima kantong suara meski kalah di kalangan pemilih kaum terpelajar.

"Satu kantong pemilih penting lainnya adalah kaum terpelajar, Jokowi-Ma'ruf kalah dari Prabowo-Sandi. Artinya, kalau dibuatkan skor, dari enam kantong suara, Jokowi-Ma'ruf menang 5-1 dari Prabowo-Sandi," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/2/2019).

Ia mengatakan bahwa segmen pemilih kaum terpelajar sebesar 11,5 persen. Dalam pertarungan elektoral, nilai tersebut sangat signifikan. Selain itu, pemilih terpelajar cukup penting karena kemampuan mereka memengaruhi opini publik.

Di segmen pemilih tersebut, menurut dia, dukungan terhadap Prabowo-Sandi mencapai 44,2 persen, Jokowi-Ma'ruf 37,7 persen.

"Meskipun unggul, keunggulan Prabowo-Sandi hanya di bawah 10 persen terhadap Jokowi-Ma'ruf di segmen pemilih ini. Ada 18,1 persen pemilih kalangan pelajar yang belum menentukan pilihannya," ujarnya.

Ia menjelaskan di kantong suara pemilih muslim, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan dukungan 49,5 persen dan Prabowo-Sandi 35,4 persen.

Menurut dia, ada 15,1 persen pemilih muslim yang masih belum menentukan pilihan. Meskipun Jokowi-Ma'ruf unggul, hanya selisih di bawah 15 persen di kantong suara muslim.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR