KPU Telah Tuntaskan Susunan Acara Debat Capres

Pemilu

Senin, 7 Januari 2019 | 20:20 WIB

190107202233-kpu-t.jpg

dokumen galamedianews.com

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI telah menyelesaikan susunan acara debat capres melalui rapat bersama media pelaksana siaran langsung debat dan tim sukses kedua pasangan calon presiden/wakil presiden.

"Kami telah menindaklanjuti dengan teman-teman media TV penyelenggara siaran debat, beberapa hal telah diputuskan, soal 'layout' debat, meja kursi, jumlah undangan, dan yang terpenting sudah tuntaskan 'rundown' debat," ujar Ketua KPU RI, Arief Budiman di Jakarta, Senin (7/1/2019).

Menurut Arief, acara debat akan disusun dalam enam segmen, yakni: pertama, penyampaian visi dan misi dari masing-masing pasangan calon; kedua dan ketiga menjawab pertanyaan terbuka, yakni pertanyaan yang telah disusun panelis dan sudah diberikan kepada masing-masing pasangan calon sepekan sebelum debat.

Segmen keempat dan kelima, masing-masing pasangan calon melemparkan pertanyaan kepada pasangan calon lainnya, dan melakukan debat antarkandidat atas pertanyaan dan jawaban yang diberikan.

Segmen keenam, KPU memberikan waktu kepada masing-masing pasangan calon untuk menyatakan pernyataan penutup atau "closing statement".

Dalam rapat itu, KPU RI juga menekankan tiga isu yang belakangan menjadi polemik, yakni soal keputusan KPU memberikan kisi-kisi pertanyaan dari panelis, keputusan KPU tidak memfasilitasi penyampaian visi dan misi, serta soal berkurangnya jumlah panelis, ketiganya sudah disepakati kedua tim pasangan calon.

KPU menekankan bahwa mengambil keputusan itu dengan melibatkan dan persetujuan kedua timses.

Debat capres dan cawapres pertama diselenggarakan pada tanggal 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara Jakarta dengan mengangkat tema: hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Pilpres 2019 diikuti Pasangan Calon Nomor Urut 01 Jokowi/Ma'ruf Amin dan Pasangan Calon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto/Sandiaga Uno.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR