NTB Kembangkan Wisata Halal Kelas Dunia

Pariwisata

Jumat, 20 September 2019 | 17:51 WIB

190920175532-ntb-k.png

PENGEMBANGAN potensi wisata halal bukan hanya bakal dilakukan di Jawa Barat dan Kota Bandung. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di bawah pimpinan Gubernur H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Hj. Sitti Rohmi Djalilah pun mencanangkan program serupa.

Dengan mengusung tagline "NTB Gemilang", pasangan kekepala daerah ini mengusung enam program prioritas sepanjang kepemimpinannya.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Pemprov NTB, Najamuddin Amy mengatakan, enam program strategis itu, yakni pariwisata andalan, industrialisasi, pengembangan daya saing SDM, NTB ramah investasi, pengembangan konektivitas dan aksesbilitas wilayah dan NTB bersih dan berkelanjutan.

Baca Juga: Pengusaha Travel Dituntut Aktif Kembangkan Wisata Halal

"Enam program strategis gubernur dan wakil gubernur ini termaktub dalam visi misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB," ujarnya seperti dikutip galamedianews.com dari ANTARA, Kamis (18/9/2019).

Di sektor pariwisata andalan, ada enam program aksi yang akan dilakukan, termasuk pengembangan wisata halal kelas dunia. Lima lainnya adalah pengembangan pariwisata pulau-pulau kecil (gili), Kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, pengembangan Rinjani Unesco Blobal Geopark, pengembangan Tambora Geopark nasional, dan penanggulangan kemiskinan dengan pendekatan community based tourism atau pembentukan 99 desa wisata.

Baca Juga: Ibu-ibu Peduli Bandung Menolak Kawasan Wisata Halal

"Pariwisata memiliki peran strategis karena dapat mendorong peningkatan pendapatan, membuka lapangan kerja, menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkesinambungan, seimbang, dan inklusif, sehingga inilah mengapa pariwisata masuk dalam program strategis gubernur dan wakil gubernur," tegas Najamuddin.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA