Kuliner Malam Bandung, Dari Perkedel Bondon Hingga Cafe Madtari

Pariwisata

Minggu, 15 September 2019 | 21:50 WIB

190915215310-kulin.jpg

merdeka.com

WISATA kuliner Bandung malam hari bisa jadi destinasi menarik saat berada di kota kembang ini. Sebagai kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat,, Bandung merupakan surga kuliner yang tak boleh terlewat untuk diicip. Tak cuma siang hari, wisata kuliner Bandung malam hari tak pernah sepi penikmat.

Tak sedikit pula wisata kuliner Bandung malam hari telah populer dan melegenda ditelinga wisatawan. Wisata kuliner Bandung malam hari ini juga punya cita rasa khas dan keunikan yang tak akan ditemui di daerah lain. Ada banyak wisata kuliner Bandung malam hari yang bisa masuk daftar kunjungan saat berlibur ke Bandung.

Baca Juga: AAW Pastry & Bakery Ramaikan Industri Kuliner Bandung

Kuliner malam di Bandung ini pun beragam jenisnya. Mulai dari makanan berat seperti sate kambing, camilan seperi perkedel, hingga minuman hangat seperti ronde. Tempat wisata kuliner Bandung malam hari pun cocok sebagai tempat bersantai menikmati suasana Bandung di malam kari.

Kuliner ini bisa jadi pilihan makan malam yang mengguggah selera. Berikut wisata kuliner Bandung malam hari yang siap memanjakan lidah Anda, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (10/9/2019).


Perkedel Bondon
Perkedel Bondon mejadi kuliner malam legendaris di Bandung. Konon resep perkedel ini merupakan resep turun-temurun yang sangat dirahasikan. Menurut bahasa Sunda, bondon berarti wanita malam.

Perkedel ini hanya hadir pada malam hari ini diibaratkan seperti kupu-kupu malam yang hanya keluar saat matahari telah tenggelam. Keunikan lain dari perkedel ini adalah adonan perkedel kentang masih digoreng menggunakan tungku tradisional yang memberinya cita rasa khas.

Perkedel Bondon berlokasi di Jalan Kebun Jati No.42, Kebun Jeruk, Bandung. Satu perkedel sekarang dihargai seribu rupiah. Perkedel Bondon sangat nikmat disajikan hangat-hangat dengan cocolan sambal terasi yang menggugah selera.


Sate Hadori
Sate Hadori Bandung berada di Jalan Stasiun Timur Bandung tak jauh dari Perkedel Bondon. Lokasinya dekat dengan pintu Stasiun Lama Bandung. Kuliner dengan bahan utama daging paha belakang kambing betina muda ini disajikan dengan pilihan bumbu kecap atau bumbu kacang yang gurih nan lezat. Ada pula menu lain seperti sate sapi dan sate sinereut.

Sate Hadori ini ternyata begitu melegenda dan kerap disambangi para petinggi negara termasuk presiden. Sate Hadori telah dirintis sejak tahun 1940. Di sini pengunjung juga bisa melihat pengolahan sate mulai dari pemotongan daging, pembumbuan, hingga pembakaran.

Nasi Kalong
Sesuai namanya, rumah makan ini buka dari jam 19.00 sampai jam 03.00 dini hari. Nasi kalong merupakan nasi berwarna hitam yang terbuat dari nasi merah dan dimasak dengan campuran kluwek.

Nasi kemudian ditambahkan bumbu rempah yang memperkaya cita rasa. Nasinya yang gurih dan enak ini bahkan tetap nikmat meski disantap tanpa lauk.

Nasi Kalong ini bisa dinikmati dengan lauk seperti Ayam Bakar Madu hingga aneka sambal menggoyang lidah. Nasi Kalong ini bertempat di Jalan RE Martadinata (Riau) No 102 Bandung, Jawa Barat.

Rumah makan ini juga menyediakan banyak menu makanan khas Sunda yang disajikan secara prasmanan. Ada sekitar 20 jenis sajian disajikan yang dapat dipilih sesuai selera.


Ronde Alkateri
Wisata kuliner malam tak lengkap dengan minuman hangat. Wedang Ronde Alkateri ini bisa sambangi di Jalan Alkateri Bandung saat malam hari. Lokasinya berada di dekat alun-alun Kota Bandung, cocok bagi Anda yang bersantai menikmati indahnya kota Bandung.

Ronde Alkateri terdiri dari perpaduan hangat jahe dan manisnya gula jawa, ditambah bulatan ronde hangat yang kenyal dengan isian kacang tanah yang gurih dan renyah di mulut. Ronde ini bahkan menjadi ronde paling legendaris di Bandung dengan banyak penggemar. Ronde Alkateri cocok untuk menemani bersantai di antara diginnya kota Bandung.

Café Madtari
Destinasi kuliner yang populer di Bandung adalah Café Madtari. Di malam hari kafe ini ramai dikunjung sebagai tempat nongkrong. Buka dari pukul 7 pagi hingga 4 pagi. Cafe Madtari beralamat di jalan Rangga No 12, Bandung utara Jawa Barat.

Ada juga cabangnya yang masih berada di wilayah Bandung yaitu Jalan Teuku Umar no 1, Jalan Surapati no 72, dan Jalan Dr. Otten no 11 Bandung.

Café Madtari terkenal dengan sajiannya bersama keju melimpah. Café Madtari memiliki menu favorit seperti roti bakar, aneka olahan pisang, dan mie instan. Ada pula menu lain seperti nasi goreng dan bakso.

Madtari juga menyediakan minuman hangat seperti Bandrek, Bajigur dan Wedang Jahe yang pas untuk udara malam Bandung yang dingin. Harga menu di sini bervariasi mulai adri Rp 5 ribu hingga Rp 30 ribuan.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA