Wisata Religi di Garut Tingkatkan Sektor Perekonomian

Pariwisata

Minggu, 8 September 2019 | 15:05 WIB

190908145650-wisat.jpg

Robi Taufik Akbar

WAKIL Bupati Garut, Helmi Budiman, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, tengah melakukan pembenahan tempat wisata alam, yang dimiliki Garut. Selain akan menjadikan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata alam ternyata akan digali juga wisata religi dan bisa menjadi salah satu pendapatan bagi masyarakat.

"Wisata religi bisa menambah PAD Kabupaten Garut selain wisata alam," ujarnya, Minggu (8/9/2019).

Di kabupaten Garut, kata Helmi, ada beberapa lokasi yang bisa dijadikan tempat wisata religi. Salah satunya yang ada di Kecamatan Cibiuk. Disana ada tempat ziarah makam syekh Jafar Sidiq Sunan Haruman, serta terdapat sebuah mesjid yang tiang pancangnya dari kayu jati yang usianya sudah mencapai ratusan tahun.

"Usia mesjidnya sudah ratusan tahun dan memiliki cerita. Serta banyak yang berziarah yang bermalam dengan menyewa rumah-rumah warga yang tidak jauh dari tempat ziarah," katanya.

Guna menjadi tempat wisata religi di Kabupaten Garut, saat ini lokasi tersebut akan dilakukan pentaan. Bahkan selian tempat ziarah nanti disana akan ada sebuah taman buah-buahan. Yang mana nantinya akan menjadi daya tarik para pengunjung baik yang melakukan ziarah dan berwisata.

"Pemkab Garut akan menyiapkan lahannya dengan Dinas Pertanian. Hanya saja saat ini masih terkendala belum adanya jawaban dari pihak Perhutani, soalnya ada lahan milik perhutani yang akan kita tanami bibit buah-buahan. Kalau bibitnya kita sudah ada tinggal menunggu saja dari perhutani," ucapnya.

Tempat wisata religi tersebut kini sudah memiliki lahan parkir yang luas, tidak seperti sebelumnya lahannya sangat sempit. Sehingga banyak para penziarah yang kesulitan untuk menyimpan kendaraan. "Kalau sabtu dan minggu lokasi tersebut sekarang sudah banyak yang mengunjungi apalagi sekarang lahan parkirnya sudah luas," katanya.

Helmi mengaku, Pemkab Garut juga akan menggelontorkan anggaran untuk melakukan penataan lokasi wisata religi tersebut. Yang mana akan membangun sebuah ornamen yang ada tulisannya "Wisata Religi Cibiuk" atau kalau untuk nama akan disesuaikan dengan keinginan masyarakat setempat.

"Sekarang belum ada ornamen kalau lokasi tersebut tempat wisata religi. Nantinya akan membantu meningkatkan sektor perekonomian," katanya.

Ia juga menjelaskan, Kecamatan Cibiuk merupakan salah satu Kecamatan yang sangat jauh bisa berkembang dibandingkan dengan kecamatan lain yang ada di Garut. Dengan adanya tempat wisata religi nantinya akan menjadi salah satu kecamatan yang maju dan berkembang dalam segala bidang.

"Saat ini sudah banyak rumah-rumah milik warga yang kerap di sewa oleh para penziarah. Selain menyewakan rumah nantinya mereka juga bisa mendapatkan penghasilan dari jualan makanan. Di Cibiuk juga terdapat sebuah restauran yang terkenal dengan sambal Cibiuknya pula. Sambal khas tersebut akan menjadi salah satu makanan khas nantinya," akunya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA