Jogja, Menyimpan Beragam Tempat Wisata Seru

Pariwisata

Senin, 15 Juli 2019 | 14:51 WIB

190715145600-jogja.jpg

phinemo.com

Ilustrasi.

SIAPA saja yang menginjakkan kaki ke Yogyakarta tidak akan pernah bisa melupakan keramahan warganya dan keindahan tempat wisata di Jogja. Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan ide jika sudah berkunjung ke Yogyakarta, karena ada banyak tempat rekreasi yang dapat Anda kunjungi.

1. Gunung Api Langgeran

Lokasi Gunung Api Langgeran ini berada di Desa Patuk Gunung Kidul Yogyakarta yang cukup dekat dengan bukit bintang. Untuk menuju gunung api langgeran ini Anda cukup memakai kendaraan roda 2 atau 4. Tiket masuknya sangat murah yakni sekitar Rp. 10 ribuan/orang. Namun walaupun murah, Anda bisa melihat keseluruhan kota Yogyakarta di puncak bukit tingginya. Menaiki gunung api ini harus siap fisik yang kuat karena akan menemukan banyak bebatuan sempit dan terjal. Tempat ini bagus untuk aktifitas outbond.

2. Bumi Merapi

Bermain sambil belajar sangat cocok sekali di Bumi Merapi yang ada di Jalan Kaliurang Km 25, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Wisata ini buka mulai pukul 08.00 – 17.00 dan tiket masuknya Rp. 20 ribu/orang. Untuk menuju tempat ini, Anda harus ambil arah utara kemudian masuk ke Jalan Kaliurang dan ambil rute lurus Kaliurang Km 25, kemudian belok kanan dengan melihat plang penunjuk jalan yang bertuliskan Bumi Merapi dan masuk sepanjang 500 meter. Ada banyak wahana menarik mulai dari memberi pakan domba, foto-foto di rumah Belanda, bermain di taman berkuda dan sebagainya.

3. Pusat Belanja Malioboro

Pusat Kota Yogyakarta ada di titik nol km yang berjejeran dengan pusat belanja Malioboro. Malioboro memang berdekatan juga dengan Keraton Yogyakarta yang merupakan pusatnya kebudayaan. Batik murah dan semua pakaian berbagai mode ada di sini, Anda bisa menawar dengan baik apabila ingin berbelanja dalam jumlah yang banyak. Jika Anda capek berjalan, Anda bisa menaiki delman yang ada di pinggir jalan. Berjalan di Malioboro akan membuat Anda menikmati sajian musisi angklung jalanan.

4. The Lost World Castle

Bangunan ini sengaja dibuat untuk mengenang masa gunung merapi yang erupsi dan menyemburkan lahar panasnya ke sekitar Desa Kinahrejo. Di kastil ini akan ada replika merapi dan beberapa foto maupun video yang menampilkan dahsyatnya ledakan gunung merapi kala itu. Lokasi wisata ini ada di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman dengan tiket masuknya sekitar Rp. 25 ribuan. Buka mulai pukul 07.00 – 18.00.

5. Taman Stonehenge

Batuan Stonehenge mirip dengan stonehenge ala Inggris ini banyak sekali menarik perhatian pengunjung. Lokasi ini masih satu area dengan The Lost World namun tiket masuknya lebih murah yaitu sekitar Rp. 10 ribuan/orang. Di samping keindahan pemandangan sekitar, Anda bisa juga berburu  foto instagram yang apik.

6. Tebing Breksi

Dahulunya area ini adalah tambang batuan breksi yang mempekerjakan penduduk. Tambang ini merupakan lahan pencaharian bagi warga sekitarnya. Namun seiring waktu,  pemerintah melarang penambangan dan menggantinya dengan tempat wisata alam Breksi. Penduduk sekitar tetap bisa mencari pekerjaan dari tempat wisata Tebing Breksi. Dari atas tebing ini, Anda bisa melihat kota Klaten dan Yogyakarta secara gamblang. Menariknya, memasuki tempat ini tidak dipungut biaya sedikitpun. Anda cukup membayar jasa perkit saja. Lokasi tebing breksi ini ada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

7. Candi Ijo

Setelah mengunjungi Tebing Breksi, pastikan Anda mampir ke Candi Ijo yang berada di Bukit Ijo. Letaknya berada di sebelah Candi Boko. Keseluruhan tempat tersebut masih di area Desa Sambirejo, Prambanan. Tiket masuknya sekitar Rp. 5.000 per orang dan buka mulai pukul 05.00 hingga 17.00. Jika Anda ingin ke wisata ini sebaiknya menggunakan payung dan sunblock karena jika sedang kemarau kulit akan terbakar karena teriknya sinar matahari.

Ada banyak sekali tempat wisata di jogja yang menenangkan pikiran dan hati Anda. Mungkin ada yang bilang bahwa Yogyakarta sekarang merupakan daerah wisata yang mahal, namun sebenarnya jika Anda bisa meneliti lebih dalam lagi tetap masih ada tempat wisata yang murah meriah dan tempat makan yang ramah di dompet.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA