Pangandaran Jadi Kawasan Wisata Nomor 1 di Jawa Barat

Pariwisata

Sabtu, 13 Juli 2019 | 22:26 WIB

190713222825-panga.png

Agus Supriyatman

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku sudah mencanangkan Kabupaten Pangandaran sebagai daerah pariwisata nomor satu di Jawa Barat. Untuk itu, pemerintah provinsi akan memberikan anggaran dengan porsi lebih untuk pembangunan pariwisata di Pangandaran.

“Selama saya menjabat sebagai gubernur, anggaran untuk pembangunan pariwisata di Pangandaran menjadi prioritas. Untuk tahun ini saja, anggaran sebesar Rp. 86 miliar lebih kami gelontorkan ke Pangandaran. Artinya, kami serius untuk mendorong Pangandaran sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia,” kata Kang Emil saat memberikan sambutan pada acara Kate Festival 2019 di Pangandaran, Sabtu (13/07/2019).

Emil menambahkan, dukungan dari pemerintah provinsi untuk pembangunan pariwisata di Pangandaran tidak hanya dari segi anggaran saja, tetapi dukungan promosi lewat lobi ke sejumlah investor pun dilakukan.

“Untuk menggaet investor agar mau berinvestasi di Pangandaran tentu harus wujudkan dulu program KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata. Pada program KEK ini akan memanfaatkan lahan seluas 200 hektar yang ada di Pangandaran. Apabila program itu sudah terlaksana, saya yakin investor akan berdatangan menanamkan investasinya di Pangandaran,” katanya.

Untuk memuluskan program KEK agar terlaksana di Pangandaran, Emil mengaku terus melakukan lobi ke pemerintah pusat. Saat ini, kata dia, tahapan untuk mewujudkan program KEK di Pangandaran masih berproses.

“Mudah-mudahan cepat disahkan. Apabila program KEK ini sudah berjalan, tidak hanya lebih memajukan pariwisata Pangandaran saja, tetapi juga akan banyak membuka lapangan kerja baru. Dengan begitu, saya yakin nanti tidak ada pengangguran di Pangandaran,” tegasnya.

Untuk mendukung program KEK, lanjut Emil, pihaknya pun akan menggandeng investor untuk mengelola Bandara Nusawiru Pangandaran.”Perjanjian kerjasama dengan investor yang akan mengelola Bandara Nusawiru saat ini masih dalam tahap pembahasan. Namun, apabila kerjasama ini sudah berjalan, nantinya akan dibuka rute pesawat komersial dari negara-negara ASEAN menuju Pangandaran dan rute dari beberapa kota besar di Indonesia,” terangnya.

Emil menegaskan, apabila program KEK Pariwisata sudah berjalan dan ditembah akses serta fasilitas transportasi massal baik darat maupun udara sudah tersedia, dia yakin target 5 juta kunjungan wisatawan per tahun bisa tercapai.

“Pak Bupati Pangandaran memiliki target 5 juta kunjungan wisatawan per tahun. Insyaallah akan kami bantu untuk mewujudkannya. Apabila semua program yang dicanangkan sudah berjalan, Insyaallah target itu bisa tercapai,” pungkasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA