Wisatawan: Gunung Buleud Mirip Pamukkale di Turki

Pariwisata

Kamis, 13 Juni 2019 | 11:42 WIB

190613114444-wisat.jpg

dok

BATU yang menyerupai pagoda atau kuil di Gunung Buleud, Desa Situwangi, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat menarik perhatian seorang traveler, Tati Muktiati. Bentuknya yang unik mengingatkannya pada situs alam Pamukkale di Provinsi Denizli, Turki.

"Saya memang belum melihat secara langsung ke batu berbentuk kuil di Gunung Buleud. Tapi kalau melihat dari foto Galamedia, bentuknya memang sangat indah. Dibentuk oleh alam bukan tangan manusia," kata Tati Muktiati yang tinggal di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (13/6/2019).

Menurutnya, batu berbentuk kuil itu seperti situs alam Pamukkale di Turki yang pernah dikunjunginya Februari 2019 lalu. Keduanya sama-sama terbentuk secara alami dan memiliki keindahan tersendiri.

"Kalau Pamukkale itu menyerupai benteng berwarna putih seperti kapas. Saya takjub melihatnya, itu sebuah karya alam yang luar biasa. Karena keindahannya itu pula, Pamukkale menjadi destinasi wisata dunia. Orang yang berwisata ke Turki, pasti tidak akan melewatkan untuk berkunjung ke sana," tuturnya.


Ia berpendapat, batu berbentuk kuil di Gunung Buleud pun bisa dijadikan destinasi wisata Kabupaten Bandung Barat. Apalagi di sekitar lokasi tersebut, juga ada beberapa situs alam berupa batu yang memiliki bentuk unik. Terdapat batu yang menyerupai lipatan kain dijahit. Warga menamainya batu karut.Satu lagi batu lawang. Dinamakan batu lawang karena bentuknya menyerupai pintu.

Tati menambahkan, sebenarnya Kabupaten Bandung Barat itu dianugrahi situs alam yang luar biasa. Selain batu kuil yang belum terekspos, juga ada lokasi lain yang sudah banyak diketahui masyarakat, yaitu Stone Garden.

"Bandung Barat itu kaya dengan destinasi wisata alam, tapi miskin infrastruktur. Sayang  akses ke  lokasi Stone Garden kurang memadai. Saya percaya pemerintah daerah pasti bisa membuka akses jalan masuk yang memadai. Stone Garden yang berada di kawasan karst luar biasa kok," katanya.

Di Bandung Barat, juga terdapat situs alam berbentuk sebuah jembatan alam (natural bridge) seperti di Virginia, Amerika Serikat.  Jembatan alam itu berada di kawasan karst Gunung Hawu, Kampung Cidadap,  Desa/Kecamatan Padalarang.

Posisinya tepat di atas puncak Karst Gunung Hawu. Berada di ketinggian 70 meter, memiliki panjang lintasan jembatan mencapai sekitar 50 meter. Lebar jembatan sekitar 5 meter sementara terowongannya berdiameter sekitar 30 meter.

Jembatan yang terbentuk dari keajaiban alam ini belum banyak diketahui masyarakat umum. Hanya komunitas tertentu seperti  para pencinta alam yang sudah mengetahuinya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR