Selama Libur Lebaran, Pantai Santolo Dikunjungi 87 Ribu Wisatawan

Pariwisata

Minggu, 9 Juni 2019 | 21:06 WIB

190609210323-selam.jpg

Agus Somantri

Puluhan ribu wisatawan memadati Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Minggu (9/6/2019).

SELAMA musim libur Lebaran, sejumlah objek wisata di Kabupaten Garut ramai dipadati pengunjung. Selama ini, Garut memang dikenal memiliki sederet destinasi wisata alam yang layak untuk dikunjungi, mulai dari gunung hingga pantai.

Salah satu yang masih menjadi favorit dan banyak dikunjungi para wisatawan diantaranya adalah Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet. Pesona pantai
di pesisir selatan Kabupaten Garut itu memang telah dikenal banyak orang. Bukan hanya dari Jawa Barat, melainkan juga dari luar provinsi. Tak heran, jika tingkat kunjungan wisata di Pantai Santolo meningkat pada saat libur Lebaran ini.

Kepala Satuan Polisi Air (Kasatpolair) Polres Garut, AKP Tri Andri, mengatakan selama musim libur Lebaran, tingkat kunjungan wisatawan di Pantai Santolo mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Sejak H+2 Lebaran H+4 (Lebaran), jumlah wisatawan yang mengunjungi Pantai Santolo mencapai 87 ribu orang," ujarnya, Minggu (9/6/2019).

Menurut Tri, hingga Minggu (9/6/2019) sore, tercatat ada 30 ribu wisatawan yang memadati Pantai Santolo. Sementara pada Jumat dan Sabtu, masing-masing wisatawan yang berkunjung berjumlah 17 ribu dan 40 ribu orang.

"Puncaknya itu pada hari Sabtu di Pantai Santolo, sekitar 40 ribu pengunjung yang datang" ucapnya.

Diakui Tri, pihaknya sudah memprediksi akan terjadi peningkatan kunjungan di Pantai Santolo sejak jauh hari. Berbagai antisipasi pun dilakukan, mulai dari memberikan imbauan, memasang rambu-rambu peringatan, hingga meningkatkan patroli ketika tingkat kunjungan wisatawan meningkat.

"Kita tetap melakukan pengawasan terhadap wisatawan dengan cara mengimbau mereka menaati rambu-rambu laut di sana. Kita juga melakukan patroli laut untuk menjaga, jangan sampai terjadi laka laut (kecelakaan laut)," katanya.

Tri menyebut, selama musim libur Lebaran kali ini, belum ada kejadian laka laut di Pantai Santolo. Ia pun mengimbau, para wisatawan senantiasa selalu waspada dan berhati-hati saat bermain di area pantai.

"Alhamdulillah, sejauh ini belum ada kejadian. Semoga jangan ada," ucapnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR