Lembang Masih jadi Lokasi Favorit Berwisata

Pariwisata

Minggu, 9 Juni 2019 | 19:50 WIB

190609194021-lemba.jpg

prfm

SELAMA musim libur Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah sejumlah objek wisata alam di Kabupaten Bandung Barat ramai dikunjungi oleh masyarakat atau wisatawan. Salah satu kawasan yang ramai dipadati pengunjung adalah Lembang.

Masyarakat mulai memadati objek wisata di kawasan yang berhawa sejuk ini sejak hari pertama lebaran, Rabu (5/6/2019) walaupun jumlahnya tidak begitu signifikan. Baru H+1 lebaran, Kamis (6/6/2019), masyarakat yang datang dari dalam maupun luar daerah mulai memadati tempat-tempat wisata favorit seperti Gunung Tangkuban Parahu, Orchid Forest, Floating Market dan lainnya.

Pengelola taman wisata alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu, Putra Kaban mengakui, sejak hari pertama lebaran terjadi peningkatan kunjungan wisatawan, terutama dari luar wilayah Jabar, seperti Jambi, Palembang, Denpasar dan Surabaya.

"Perhari sampai hari ini ada puluhan ribu pengunjung yang sudah berwisata kesini. Hari pertama lebaran rata-rata pengunjung dari luar kota, itu 95 persen. Tentunya kami bersyukur atas kepercayaan pengunjung yang sudah jauh-jauh datang kemari untuk menikmati wisata di Tangkuban Parahu," ujar Putra saat ditemui di TWA Gunung Tangkuban Parahu, Minggu (9/6/2019).

Untuk memberikan pelayanan bagi wisatawan, kata Putra, pihaknya melakukan perbaikan infrastruktur menuju kawasan objek wisata, penambahan fasilitas, penataan dan pembinaan pedagang hingga menambah pegawai yang bertugas mengatur kendaraan.

"Allhamdulillah, masyarakat tetap percaya mau datang ke sini walaupun di jalur Lembang ini sering terjadi kemacetan arus lalu lintas," katanya.

Ke depannya Putra menginginkan, wisatawan bisa lebih nyaman dan tidak lagi terjebak kemacetan di Lembang. Oleh karena itu, ia meminta pihak terkait bisa duduk bersama untuk mencari solusi mengatasi kemacetan yang sering terjadi saat musim liburan seperti sekarang.

"Bagaimana cara mengatasi, saran-saran misalnya bisa dibuatkan terminal besar, kemudian disediakan ontang-anting untuk antar jemput pengunjung," ujarnya.

Salah seorang pengunjung asal Bekasi, Nizarudin Al-Farisi (30) mengaku, memilih berwisata ke Lembang karena jarak tempuh dari daerahnya tergolong tidak terlalu jauh apalagi memanfaatkan akses jalan Tol menuju Pasteur, Kota Bandung.

"Berangkat ke Lembang sehari setelah lebaran, setelah mengunjungi berbagai tempat wisata, terakhir saya dan keluarga berkunjung ke Tangkuban Parahu. Setelah ini, kami balik ke Bekasi karena besok sudah masuk kerja," ungkap Nizar.

Menurut Nizar, kawasan Lembang menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga, karena berada di dataran tinggi dan udaranya sejuk.

"Kami sudah tiga kali datang ke Lembang. Istri dan anak-anak saya memang sering ke Lembang kalau musim libur, soalnya pemandangan alamnya bagus," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR