Kunjungan Wisatawan di Hari Terakhir Libur Lebaran Mulai Menurun

Pariwisata

Minggu, 9 Juni 2019 | 18:28 WIB

190609182556-kunju.jpg

Dicky Mawardi

KUNJUNGAN wisatawan ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat di hari terakhir libur Lebaran masih cukup tinggi, Minggu (9/6/2019). Namun menurun dibandingkan Jumat (7/6/2019) dan Sabtu (8/6/2019).
Pantauan di lapangan,  antrean kendaraan hanya terpantau di pintu gerbang objek wisata ternama seperti Taman Wisata Alam (TWA) Tangkubanparahu, Farmhouse,  Floating Market,  dan sebagainya. 
Direktur  Utama PT GRPP Putra Kaban mengakui, kunjungan wisatawan hari ini menurun dibandingkan Sabtu yang mencapai puluhan ribu pengunjung. Kemungkinan besar wisatawan dari luar daerah mulai kembali ke tempat asalnya.
"Puncaknya Sabtu lalu.  Tapi sekarang pun wisatawan yang datang masih terus mengalir," kata Putra Kaban di Lembang, Minggu (9/6/2019).
Diakuinya pula, secara umum tingkat kunjungan wisatawan pada libur Lebaran tahum ini menurun  dibandingkan tahun 2018. Penyebabnya libur tahun ini lebih panjang sehingga belum semua wisatawan menghabiskan liburannya.
"Kami kan menghitungnya tidak hanya pada liburan Lebarannya saja, tapi dihitung total selama sebulan. Saya optimistis.jika dikalkulasikan dalam sebulan bakal jauh levih banyak dibandingkan 2018." paparnya. 
Menurutnya,  terjadinya peningkatan kunjungan wisatawan setiap tahunnya tak.bisa dilepaskan dari perbaikan fasilitas dan penambahan fasilitas bagi pengunjung.
"Di atas kita bangun sarana ibadah masjid yang besar, tahun ini pun dibangun tempat makan. Akses jalan masuk pun lebar dan mulus. Itu semua dari aspirasi atau permintaan pengunjung. Hasil kajian dipandang memungkinkan makanya kita bangun," tambahnya. 
Ia mengungkapkan,  tidak hanya sekedar menambah fasilitas yang dibutuhkan pengunjung tapi juga tetap mempertahankan alam. Keindahan alam menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke TWA Tangkubanparahu. 

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR