Misteri Ikan Mas Raksasa Sedaun Pintu di Situ Ciburuy

Pariwisata

Selasa, 19 Februari 2019 | 08:56 WIB

190219085954-miste.jpg

Ginanjar Arif Pratama

SITU Ciburuy, laukna hese dipancing”. Situ Ciburuy merupakan danau alami yang berada di sebelah barat Kota Bandung, tepatnya di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Konon, apa yang disebutkan dalam lirik lagu tersebut berdasar pada kenyataan bahwa ikan di Situ Ciburuy susah dipancing dan hanya warga pribumi yang dapat menangkap ikan di danau ini.

Selain terkenal dengan ikan yang susah dipancing, di danau tersebut juga berkembang mitos ikan mas raksasa yang sesekali menampakkan wujudnya. Tubuhnya diselimuti oleh lumut dan besarnya kurang lebih selebar pintu.

Baca Juga: 3 Mitos Situ Ciburuy yang Misterius

Situ Ciburuy sendiri diyakini sebagai peninggalan dari Prabu Siliwangi yang diwariskan pada anaknya, Prabu Kian Santang. Pada masa penjajahan Belanda, Situ Ciburuy pun sudah dikenal sebagai tempat wisata. Bahkan menjadi tempat digelarnya acara tahunan yang menyedot perhatian warga sekitar.

Hamparan air situ Ciburuy yang luasnya mencapai 40 Ha tersebut dapat anda manfaatkan untuk menyegarkan kembali pikiran dari penatnya rutinitas. Kegiatan yang dapat anda lakukan di danau ini antara lain berperahu bersepda air, berjalan – jalan, menikmati makan siang di pinggir danau, atau bahkan berolahraga.

Lihat Juga: [Foto] Situ Ciburuy Akan Direvitalisasi

Ya, Situ Ciburuy selain menjadi objek wisata juga kerap dijadikan lahan berlatih bagi para atlet dayung. Fasilitas yang ditawarkan kawasan wisata Situ Ciburuy ini pun sudah lengkap dengan adanya deretan warung yang menjajakan makanan khas Sunda beserta minumannya.
Anda yang berwisata air dengan menyewa perahu dan sepeda air disini pun tidak hanya dapat melakukan perjalanan air, tetapi anda bisa menyambangi sebuah pulau kecil yang berada di tengah danau dan menikmati makan siang di pulau tersebut sambil menikmati pemandangan. Dan jika anda beruntung, anda dapat menyaksikan pertunjukan budaya yang sering diadakan untuk menghibur pengunjung yang datang dan berwisata ke Situ Ciburuy.

Untuk mencapai Situ Ciburuy, anda yang berada di Kota Bandung hanya perlu berangkat ke arah Barat Kota Bandung menuju Cianjur. Sesampainya di Padalarang, carilah terminal Damri Padalarang di sebelah kanan, dan anda akan melihat luasnya hamparan air Situ Ciburuy. Begitu pun bagi anda yang berada di Kota Jakarta, ketika anda telah melewati gerbang tol Padalarang, lanjutkanlah perjalanan anda sampai menemukan terminal Damri Padalarang, dan siapkan mata anda untuk melihat keindahan Situ Ciburuy.

Sumber: EBBMedia

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR