Pemprov Jabar Gelontorkan Anggaran Rp 30 Miliar untuk Penataan Situ Ciburuy

Pariwisata

Selasa, 8 Januari 2019 | 17:32 WIB

190108173442-pempr.jpg

ist

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna bersama sejumlah stakholder ketika meninjau langsung kondisi Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (8/1/2019).

OBJEK wisata Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat akan segera ditata. Rencananya, penataan objek wisata yang melegenda di Jawa Barat akan dimulai pada 2019 ini.

Pada awal tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebesar Rp 30 Miliar untuk penataan situ yang terkanal dengan ikkanya sulit dipancing tersebut.

"Insya Allah pelaksanaannya akan segera dilakukan dibulan ini. Sekarang konsultannya sudah ada dan anggarannya sudah tersedia," kata Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna ketika meninjau langsung kondisi Situ Ciburuy, Selasa (8/1/2019).

Umbara menambahkan, bahwa pihaknya sangat menyambut baik dengan adanya bantuan anggaran dari provinsi. Jika melihat kondisi saat ini, setidaknya dibutuhkan anggaran sekitar Rp 100 miliar untuk penataan Situ Ciburuy.

"Memang sementara penataan dilakukan untuk mempercantik muka dan fasilitas yang bersifat urgent saja. Namun, jika melihat kondisi saat ini, setidaknya butuh Rp 100 Miliar untuk penataan Situ Ciburuy. Diharapkan Pemprov bisa memberikan kucuran dana tambahan ditahun-tahun berikutnya," paparnya.

Umbara mengungkapkan, dengan penataan wajah Situ Ciburuy diharapkan mampu mendongkrak citra positif dan mengangkat kembali nama baik objek wisata Situ Ciburuy. Apalagi, menurut Umbara, Situ Ciburuy merupakan salah satu obyek wisata yang sangat terkenal di KBB bahkan Jawa Barat.

"Hanya saja tingkat kunjungan wisatawan masih sangat rendah karena penataan dan pengelolaannya masih kurang baik," ujarnya.

Menurut Umbara, jika situ Ciburuy sudah tertata dengan baik, diharapkan keberadaan Situ Ciburuy bisa menjadi salah satu solusi memecah konsentrasi kunjungan wisata KBB yang selama ini terfokus ke kawasan Lembang dan sekitarnya.

"Dengan demikian, sektor pariwisata akan menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar bagi pemerintah," harapnya.

Seperti diketahui, kini KBB masuk dalam kategori destinasi wisata terbesar ke 10 di Indonesia. Sementara dengan penataan Situ Ciburuy ini bisa mendongkrak hingga menjadi posisi 5 besar.

"Saya meminta seluruh stakeholder dan masyarakat Ciburuy untuk turut mendukung program baik ini. Sebab, yang akan merasakan dampak positifnya adalah masyarakat" tuturnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR