Pemkab Garut Minta Pemprov Jabar Bangun Jalan Menuju Wisata Pantai Selatan

Pariwisata

Minggu, 6 Januari 2019 | 12:36 WIB

190106123746-pemka.jpg

Robi Taufik Akbar

PANTAI Selatan Garut memiliki panorama yang sangat indah. Sayangnya, akses untuk menuju lokasi tersebut masih belum memadai

Untuk itu, Bupati Garut Rudy Gunawan, ingin mebuka jalan baru guna mempercepat para wisatawan bisa sampai ke tujuan pantai yang ada di Garut Selatan.

"Saat ini di kawasan wisata pantai selatan belum seramai pantai yang ada di Jawa Barat. Salah satu kendalanya adalah akses jalan yang masih sulit untuk dijangkau," ucapnya Minggu (6/1/2019).

Saat ini, waktu tempuh untuk mencapai wisata pantai Garut Selatan cukup lama. Dari Kota Garut membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

"Garut memiliki lima pantai yang dijadikan tempat wisata. Pemandangannya tidak jauh berbeda dengan pantai yang ada di pulau dewata Bali," ucapnya.

Kondisi kawasan wisata pantai selatan saat ini, sudah dilakukan penataan oleh Pemerintah Kabupaten Garut. Namun, belum ada pengusaha besar yang ingin berinvestasi untuk mendirikan hotel berbintang. Hal ini juga terkendala dengan akses jalan yang sangat jauh.

"Kalau sudah ada hotel bintang seperti yang ada di Pangandaran, pantai selatan akan bisa menjadi tempat wisata yang besar di Jawa Barat," tutur Rudy.

Guna mempercepat proses pembangunan jalan baru, Pemerintah Kabupaten Garut akan meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat membiayainya.

"Kita memiliki pantainya, provinsi Jawa Barat memiliki akses jalannya. Jadi jika di bangun secara bersamaan pembukaan jalan baru akan cepat terlealisasi," katanya.

Pantai selatan, aku Rudy bisa dikunjungi oleh wisatawan luar Garut. Salah satunya dari Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Akses jalan dari Cianjur dan Bandung sudah bagus. Bahkan, perjalanannya bisa ditempuh dengan waktu yang tidak lama tidak seperti dari Kota Garut.

"Akses jalan dari Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung sudah bagus. Waktu perjalanan bisa ditempung dengan waktu tidak lama," ujarnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR