Hanya Ada di Indonesia, Google Ikut Hari Ayah Nasional dengan Unik

Nasional

Selasa, 12 November 2019 | 09:12 WIB

191112091450-hanya.jpg

google


Google, pada Selasa (12/11/2019) ini, turut merayakan Hari Ayah Nasional di Indonesia. Perayaan itu dihelat Google Indonesia dengan menayangkan doodle animasi, yang mengisahkan seekor bebek sedang merawat anak-anaknya.

Google doodle yang merayakan Hari Ayah Nasional itu cukup unik, karena terdiri dari tiga cerita yang bisa dimainkan terpisah dengan menekan tombol play.

Adapun Google Doodle Hari Ayah Nasional itu hanya bisa disaksikan di Indonesia.

Lalu dari mana mulanya perayaan Hari Ayah Nasional itu?

Menurut Kementerian Pendidikan, Hari Ayah Nasional pertama kali dideklarasikan di Solo, Jawa Tengah pada 2006 dan kemudian ditetapkan untuk dirayakan setiap tanggal 12 November.

Hari Ayah Nasional lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Uniknya perayaan itu terpantik saat PPIP menggelar sayembara menulis surat di tengah peringatan Hari Ibu di Solo.

Ketika itu salah satu peserta mengajukan pertanyaan yang menggelitik, "Kapan diadakan sayembara menulis surat untuk Ayah?"

PPIP lalu berusaha mencari informasi tentang hari ayah, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta. Mereka menanyakan kapan Hari Ayah di Indonesia dan jika belum ada, bolehkan seseorang atau lembaga menetapkan satu hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah Nasional.

Berangkat dari sana, PPIP melalui kajian yang cukup panjang, menggelar deklarasi dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Di hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku Kenangan untuk Ayah yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA