BI Solo Buka Pojok Baca dan Dongeng untuk Anak PAUD dan TK

Nasional

Kamis, 7 November 2019 | 20:17 WIB

191107201931-bi-so.jpg

BI Corner dan Pojok Baca dan Dongeng yang dibuka BI Solo melalui Program Sosial BI di Perpusda Kabupaten Karanganyar


KANTOR Perwakilan Bank  Indonesia (KPw BI) Solo menggelar "Festival Buku 2019" di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Karanganyar, sekaligus membuka "BI Corner" di perpustakaan tersebut melalui  Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), yaitu Indonesia Cerdas dengan target 1.000 BI Corner pada tahun 2020.

Kepala KPw BI Solo, Bambang Pramono, dalam pembukaan Festival Buku dan peresmian BI Corner tersebut, Kamis (7/11/2019), menyatakan, BI memprakarsai festival buku bertujuan memberi solusi atas rendahnya literasi di Indonesia dan parahnya minat baca masyarakat.

Dia mengungkapkan, hasil penelitian Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organisation for Economic Co-Operation and Develompent (OECD) tahun 2015 menyebutkan, Indonesia berada pada ranking 62 dari 70 negara yang disurvei.

"Peringkat literasi berdasarkan survei 'World's Most Literate Nations' yang diumumkan pada Maret 2016, serta produk dari Central Connecticut State University (CCSU), merilis, peringkat literasi berdasar indikator kesehatan literasi negara, yakni perpustakaan, surat kabar, pendidikan, dan ketersediaan komputer, Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara yang disurvei. Indonesia masih unggul dari satu negara, yakni Botswana yang berada di kerak peringkat literasi ini," katanya.

Selain itu, Kepala KPw BI Solo mengungkap data BPS tahun 2012, yang menunjukkan sembilan dari sepuluh penduduk berusia 10 tahun ke atas lebih menyukai menonton televisi. Sebaliknya, hanya 3 dari 20 warga yang menyukai membaca surat kabar, buku, dan majalah.

"Hal ini mengkonfirmasi bahwa yang dominan dalam masyarakat kita adalah budaya menonton, bukan membaca yang berpengaruh terhadap kualitas SDM kita," sambungnya.

PSBI yang bertema Indonesia Cerdas, menurut Bambang Pramono, membangun BI Corner dan Pojok Baca dan Dongeng (PBD) di berbagai pelosok untuk memberikan akses terhadap buku-buku berkualitas. Program itu diharapkan dapat menyebarkan virus membaca. 

BI Corner di Perpusda Kabupaten Karanganyar, berisi buku-buku dan literatur bertema moneter, finansial, perbankan, enterpreuneur, manajemen dan kisah-kisah inspiratif para pengusaha sukses di dunia. Sedangkan PBD bagi anak-anak PAUD, TK dan Raudhatul Athfal yang didesain penuh warna, dilengkapi alat peraga edukatif, boneka untuk mendongeng serta berbagi buku cerita bergambar.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA