Relawan Siaga Bencana Apel untuk Hadapi Bencana Musim Penghujan

Nasional

Minggu, 20 Oktober 2019 | 15:12 WIB

191020151339-relaw.jpg

Tok Suwarto

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mendemonstrasikan cara menggunakan gergaji mesin untuk memotong pohon tumbang


MENGHADAPI potensi kerawanan bencana menjelang musim penghujan saat ini, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkot Solo menggelar apel Kesiapsiagaan Relawan di markas Dinas Damkar Pedaringan, Solo, Minggu (20/10/2019).
Seluruh jajaran Dinas Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), para relawan tanggap bencana, pelajar dan lain-lain, mengikuti apel yang diikuti inspeksi kesiapan sarana dan prasarana di kalangan relawan, serta pengukuhan lembaga Satlakar dan Forsar.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang bertindak sebagai pimpinan apel, menyatakan, Kota Solo yang kini berstatus sebagai "Kota Layak Huni" tidak terlepas dari hasil kerja keras seluruh lapisan masyarakat yang didukung jajaran BPBD, Damkar dan para relawan.

Apel kesiapsiagaan seluruh komponen, baik jajaran pemerintah, organisasi masyarakat, relawan dan sebagainya tersebut, adalah untuk menyatukan tujuan dalam menjaga Kota Solo agar tetap layak huni.

“Dinas Damkar, BPBD, maupun para relawan berperan penting dalam mewujudkan dan menjaga Solo sebagai Kota Layak Huni. Hal ini terkait dengan upaya seluruh  jajaran dalam menjaga keamanan terhadap bencana yang bisa datang secara tiba tiba di Kota Solo,” ujar Wali Kota Solo.

Organisasi Satlakar yang berasal dari berbagai unsur masyarakat dikukuhkan untuk mendukung tugas penanggulangan bencana. Mereka yang tergabung dalam Satlakar bertugas menjaga Kota Solo, khususnya saat terjadi bencana kebakaran yang datang sewaktu-waktu.

Seusai apel, peserta apel menyaksikan demonstrasi aparat Damkar, BPBD dan DLH saat terjadi bencana, di antaranya jika terjadi pohon tumbang, upaya evakuasi penyelamatan korban bencana, menangkap ular yang mungkin muncul akibat habitatnya tergenang banjir dan sebagainya.

Dalam demonstrasi tersebut, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, yang terampil menggunakan gergaji mesin atau chain saw untuk memotong pohon tumbang menunjukkan cara-cara yang benar dalam menggunakan alat itu.

Selain mempraktikkan cara-cara menangkap ular yang aman, aparat Damkar dan BPBD juga menunjukkan cara menangani tawon yang sering menyerang warga di permukiman dan semacamnya. Sedangkan petugas Damkar yang kini juga harus sigap memadamkan kebakaran di bangunan bertingkat, mempertunjukkan cara-cara evakuasi korban saat terjadi bencana kebakaran.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA