82 Petugas Lapas Kelas II B Ciamis Lakukan Tes Urine

Nasional

Jumat, 11 Oktober 2019 | 16:53 WIB

191011163106-82-pe.jpg

Pepi Irawan

BADAN Narkotika Nasional Kota BNNK bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kab Ciamis melakukan tes urine puluhan petugas Lapas. Hal ini untuk memastikan mereka bersih dari narkoba.

"Tes urine yang dilakukan disini adalah permintaan dari Lapas kelas III B supaya seluruh pegawai bebas dari peredaran narkoba."jelas Kepala BNNK, Engkos Kosidin, jumat (11/10/2019).

Ia mengatakan, tes ini ditemukan petugas positif narkoba, maka pihaknya akan menyerahkannya kepada pimpinan Lapas guna pemberian sanksi atau menindaklanjuti dari sisimana positipnya.

"Apakah petugas tersebut sedang mengkonsumsi obat yang memang ada anjuran dari Dr atau benar menyalahgunakan narkoba"katanya.

Menurut Engkos, jika seluruh petugas di Lapas Kelas II B  bebas narkoba dan berkomitmen memberantasnya, maka lembaga itu akan bebas dari barang  haram ini.

"Kami akan terus memberikan dukungan terhadap pihak Lapas untuk memberantas barang haram ini," tegasnya.

Sementara Kasubag TU Lapas Kelas II B Ciamis, Gungun Setiawan mengatakan, sebanyak 82 pegawai melakukan pemeriksaan urine ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian peringatan Hari Dharma Karyadhika atau hari ulang tahun Kementerian Hukum dan HAM.Namun kita lebih mementingkan untuk mendeksi dini seluruh pegawai lapas disini.

"Dalam peringatan tersebut kami ingin memastikan petugas Lapas bebas dari narkoba," ujarnya.

Untuk membebaskan narapidana di Lapas itu dari penyalahguanaan narkoba, maka penjaganya terlebih dahulu harus bebas dari barang haram itu.

"Jika sudah bersih maka baru kami bisa melakukan pembinaan terhadap narapidana," pungkasnya.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA