Bakamla RI – Unpad Teken Kerja Sama Kajian Hukum Internasional Kamlamla

Nasional

Jumat, 4 Oktober 2019 | 15:00 WIB

191004145359-bakam.jpg

BADAN Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH-Unpad) sepakat melakukan Kerja Sama tentang Penyusunan Kajian Hukum Internasional di Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut. Penandatanganan dilakukan di FH – Unpad Jatinangor, Jl. Raya Bandung-Sumedang KM.21 Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (4/10/2019).

Dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini Bakamla RI diwakili oleh Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Laksamana Muda Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H., sedangkan FH – Unpad diwakili oleh Prof. Dr. An An Chandrawulan, S.H., LL.M. selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.

Menurut Laksda Dade, melalui kerja sama ini Bakamla RI bersama lembaga pendidikan, dalam hal ini Unpad, dapat membina hubungan kelembagaan yang erat dalam melaksanakan fungsi pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat yang mana dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan hukum di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, penegakan keamanan di laut juga semakin kompleks seiring meningkatnya kualitas kejahatan yang dikenal dengan sebutan kejahatan lintas negara atau Trans-National Crime, yang memberikan isyarat kuat bahwa masalah keamanan dan keselamatan laut memerlukan manajemen pengelolaan yang sinergis dan membutuhkan kerja sama lintas sektoral dan antar negara.

Adapun kerja sama ini meliputi tenaga pendukung substansi, tenaga ahli/narasumber, dan pelaksanaan pembuatan konsep kajian dimana kedua belah pihak saling memberi dan menerima data dukung dan informasi Keamanan dan Keselamatan Laut untuk penyusunan Kajian Hukum Internasional dimaksud.

Turut hadir dalam penandatanganan kerja sama yang berlangsung di Ruang Rapat Dekan FH – Unpad antara lain Direktur Hukum Laksma Bakamla Eddi Rate Muis, S.H., M.H., Direktur Kerja Sama Kolonel Bakamla Salim, dan Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri Kolonel Bakamla Eli Susiyanti, S.H., M.H., M.M. selain itu turut pula mendampingi dari FH – Unpad yaitu Wakil Dekan RA Gusman C. Siswandi, S.H., LL.M., Ph.D.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA