Korlantas Ajak Tertib Berlalu Lintas Melalui Pameran Road Safety Policing

Nasional

Rabu, 18 September 2019 | 08:19 WIB

190918082411-korla.jpg

Eddie Karsito

Tingkat disiplin masyarakat, khususnya kesadaran masyarakat terhadap peraturan berlalu-lintas dinilai masih rendah. Hal ini diantaranya yang mengakibatkan semakin meningkatnya pelanggaran lalu lintas, dan angka kecelakaan di jalan raya.

“Oleh karena itu, pentingnya sosialisasi keselamatan secara berkesinambungan untuk masyarakat. Salah satunya melalui penyelenggaraan pameran Road Safety Policing (RSP) yang kami lakukan di beberapa mal di Jakarta dan sekitarnya,” ujar Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, Brigjen Pol. Chryshnanda Dwilaksana, di Jakarta, Selasa (17/09/2019).

Kegiatan Road Safety Policing (RSP), kata Chryshnanda, sudah sejalan dengan amanat UU Lalu Lintas Angkutan Jalan, dan amanat PBB sebagaimana tertuang dalam Rencana Umum Keselamatan Nasional (RRUNK). “Pertama, mewujudkan dan memelihara lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar. Kedua, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Ketiga, membangun budaya tertib berlalu lintas. Keempat, peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang road safety," urainya.

Menurut Chryshnanda, pameran Road safety Policing dilakukan untuk menginspirasi, menginformasikan sesuatu yang baik dan benar, mendorong para pemirsanya peduli akan keselamatan bagi dirinya dan orang lain dalam berlalu lintas. Kemudian, kata dia, meng-counter isu yang negatif atau hoaks, menunjukkan solusi dan menghibur.

“Materi pameran diambil dari berbagai sumber yang divisualisasikan dalam bentuk film, poster, buku, leaflet, peragaan. Program-program pendukung lainnya dapat disertakan seperti dialog, wawancara, work shop, seminar, FGD. Ke semua itu merupakan situasi yang dinamis dapat dikembangkan dengan menggunakan kearifan lokal,” terang Chryshnanda.

Sementara itu, Pakar Transportasi dari Universitas Indonesia, Ellen Tangkudung mendukung usaha kepolisian lalu lintas, dinas perhubungan atau instansi lainnya untuk berusaha mensosialisasikan keselamatan dalam berlalu lintas.

“Tingkat kepatuhan masyarakat berlalu lintas masih rendah. Saya mendukung polisi lalu lintas atau dishub atau instansi lainnya untuk mensosialisasikan keselamatan dalam berlalu lintas. Memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi harus dilakukan bersama-sama, petugas dan masyarakat. Tidak bisa cuma salah satu saja,” ujar Ellen.

Eko, salah satu masyarakat yang menghadiri pameran Road Safety Policing di Cibubur Junction mengungkapkan, setuju dengan usaha pihak kepolisian lalu lintas dalam mensosialisasikan keselamatan dalam berlalu lintas. “Bagus sih ini. Ada informasi dalam berlalu lintas. Jadi diingatin lagi untuk peduli terhadap diri sendiri dan pengguna lalu lintas lainnya. Plus hiburan juga," jelas pria yang berdomisili kawasan Depok ini.

Editor: boedi azwar



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA