Greenpeace Prediksi Bakal Ada Perkebunan Sawit Baru di Lahan Karhutla

Nasional

Selasa, 17 September 2019 | 23:50 WIB

190917223339-green.jpg

KEPALA Kampanye Hutan untuk Indonesia dari Greenpeace, Kiki Taufik memprediksi, deretan lahan kelapa sawit segera muncul tak lama usai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kini melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Kiki berdasarkan temuan organisasi lingkungan global tersebut setelah karhutla besar yang melanda sejumlah wilayah Indonesia pada 2015 silam.

"Kita akan lihat, ini praktik yang akan terjadi. Setelah kebakaran, nanti hutan atau lahan yang terbakar akan berubah menjadi ladang kelapa sawit," tegasnya yang dikutip saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Selasa (17/9/2019).

Kiki melanjutkan, pihaknya merasa kecewa dengan penindakan hukum terhadap para pelaku yang terbukti menyebabkan karhutla pada 2015 lalu. Menurutnya, aparat hukum seharusnya terus penelusuran hingga diketahui perusahaan apa saja yang terlibat karhutla.

"Motifnya itu mereka membayar orang lain, kadang masyarakat setempat kadang juga masyarakat dari provinsi lain. Jadi ini panjang rantainya, tidak langsung oleh perusahaanya. Memang ada polisi yang menangkap beberapa pembakar. Tapi kemudian tidak menelusuri perihal siapa yang membayar mereka," tukas Kiki.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA