Usai Jenguk Habibie, Anies : Kondisi Kesehatan Beliau Cukup Berat

Nasional

Selasa, 10 September 2019 | 11:50 WIB

190910115107-usai-.jpg

inilah

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan harapan dan doanya agar Presiden ke-3 Republik Indonesia Baharuddin Jusuf Habibie dapat kembali sehat.

"Kita mendoakan semoga Allah menurunkan mukjizat membuat semua ikhtiar manusia ini menemukan hasilnya sehingga Pak Habibie bisa kembali sehat, kembali beraktivitas seperti semula," katanya kepada media di depan Paviliun Kartika Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Ia berharap tim dokter dapat melakukan upaya terbaik seperti yang sudah dilakukan.

Lebih lanjut dikatakannya saat ini BJ Habibie belum dapat diajak berkomunikasi. Tetapi Anies memastikan bahwa mantan pemimpin Indonesia tersebut dalam keadaan sadar.

"Posisinya seperti tidur dalam perawatan di situ. Kalau komunikasi tidak ada. Tetapi beliau sadar, sadar, mendengar tetapi tidak berkomunikasi karena ada alat-alat yang dipasang di situ," katanya.

Sementara itu, ia juga mengatakan keluarga BJ Habibie menunggu di ruang perawatan. "Ada anak-anak, keluarga, ada adik-adik berkumpul di situ semua," kata dia lebih lanjut.

Anies Baswedan datang ke RSPAD Gatot Subroto pada sekitar pukul 10.16 WIB.

Usai menjenguk Anies Baswedan menyebut kondisi kesehatan BJ Habibie cukup berat.

"Kondisi kesehatan beliau cukup berat," katanya usai menjenguk Habibie di lantai dua Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Menurut Anies, Habibie tidak bisa berkomunikasi, beliau ada pada posisi seperti tidur, namun dalam keadaan sadar dan mendengar.

"Karena, ada alat yang dipasang di situ," katanya.

Anies mengaku belum berkesempatan berkomunikasi langsung dengan Habibie, hanya melakukan beberapa percakapan dengan sejumlah keluarga dan tim dokter di ruangan.

Anies mengatakan RSPAD telah melibatkan sejumlah tim medis berikut peralatan perawatan terbaik yang mereka miliki.

"Kita berterima kasih pada tim dokter RSPAD yang bukan hanya memberikan perawatan dengan dokter terbaik tapi juga pelayanan serta alat terbaik," katanya.

Menurut Anies, hubungan Habibie dan tim medis lebih seperti kekeluargaan yang tumbuh antara Habibie dan dokter.

"Dokter akan jelaskan secara detail, tapi kondisinya memang berat. Semoga Allah turunkan mukjizat, semoga ikhtiar ini bisa temukan hasil terbaik, semoga beliau sehat seperti semula," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA