Presiden Ke-3 BJ Habibie Dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Negara Tanggung Biaya Perawatan

Nasional

Senin, 9 September 2019 | 11:58 WIB

190909115936-presi.jpg

suara.com

SEKRETARIS Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama menegaskan, pemerintah membiayai seluruh perawatan kesehatan Presiden Ke-3 BJ Habibie yang sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (8/9/2019). Habibie diketahui sudah menjalani perawatan di sana sejak Senin (2/9/2019). Saat ini, kondisi BJ Habibie telah membaik

Setya Utama menjelaskan, tim dokter kepresidenan pada Senin (9/9/2019) pagi mengabarkan kondisi terkini kesehatan Habibie mulai membaik. Setya menjelaskan terdapat tim panel dokter kepresidenan yang terdiri atas sejumlah ahli kesehatan yang dipersiapkan untuk memantau kondisi BJ Habibie.

"Sesuai Undang-Undang Nomor 78 Tahun 1978, jadi memberikan pembiayaan secara menyeluruh kepada mantan presiden dan mantan wakil presiden. Dalam hal ini Pak Habibie juga dicover pemerintah seluruhnya pembiayaan, dimanapun beliau dirawat," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama yang ditemui di halaman Istana Negara, Jakarta, Senin.

Sebanyak 34 dokter di berbagai spesialisasi berada dalam tim panel tersebut.

"Tim panel ini kapanpun dibutuhkan, dikontak oleh, katakan ajudan mantan presiden atau mantan wakil presiden, siap setiap saat. Sesuai dengan penyakit apa yang disandang kemudian akan dikirim tim ahli ke sana," ungkap Setya.

Pada Minggu (8/9/2019) sore, ajudan mantan Presiden Habibie, Rubijanto mengabarkan Pak Habibie mendapatkan perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto karena kondisi kesehatannya menurun.

Namun Rubijanto belum mau menerangkan penyakit apa yang sedang dialami Habibie, dia hanya menginformasikan bahwa Habibie belum bisa dijenguk.

"Sesuai petunjuk TDK bahwa agar beliau mendapat perawatan optimal dan dapat istirahat penuh, maka untuk sementara waktu Bapak Habibie belum diizinkan untuk dikunjungi," jelasnya.

"Dengan hormat bersama ini kami konfirmasikan bahwa Bapak BJ Habibie saat ini sedang menjalani perawatan yang intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK) di RSPAD Gatot Soebroto," kata Rubijanto.

"Beliau dirawat di ruang CICU lantai 2 gedung ini, untuk sejak kapannya saya belum bisa mengakses, karena sistem yang saya pegang pasien BPJS," katanya.

Sementara, humas RSPAD Iwan mengatakan Habibie sudah dirawat sejak Senin (2/9/2019).

"Masuknya 2 September, kalau sakitnya kami kurang tahu," kata Iwan.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA