Pemerintah Butuh 1 Juta PNS Unggul Dalam Lima Tahun Kedepan

Nasional

Rabu, 21 Agustus 2019 | 13:11 WIB

190821131353-pemer.jpg

MENTERI PAN-RB, Syafruddin menargatkan akan menciptakan 1 juta ASN atau PNS unggul dalam lima tahun ke depan. Tujuan utamanya tentu untuk meningkatkan kualitas SDM aparatur sipil negara serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Lalu mencermati perbandingan kualitas ASN dan total penduduk, setidaknya kebutuhan 1 juta ASN profesional dalam lima tahun ke depan. Jadi kita membutuhkan 1 juta," kata dia saat Launching Program Double Degree Peningkatan Kapasitas ASN, di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Mantan Wakapolri ini mengatakan, kini total ASN yang ada di Indonesia sebanyak 4,3 juta orang. Dari jumlah tersebut, baru 10 persen yang masuk dalam kategori 'ASN unggul'.

"Kita sekarang baru punya kira-kira 400.000 dari 4,3 juta itu, yang unggul baru sekitar 10 persen," ungkapnya.

Dia menjelaskan berdasarkan pengalaman di sejumlah negara maju, untuk menjadikan ASN sebagai agen atau pendorong pembangunan, diperlukan 25 persen ASN unggul dari total ASN yang ada.

"Kita perlu 1 juta supaya 25 persen aparatur sipil negara itu bisa menjadi influencer atau menjadi agen untuk mempengaruhi yang lain sudah bisa dengan 25 persen," tegas dia.

"Itu pengalaman di beberapa negara yang mulai mau maju. Karena kita menyadari kita memang besar sekali luasnya kita dan penduduk kita 263 juta yang harus dilayani," tandasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA