Wakil Bupati Gorontalo Utara Apresiasi Upaya Wujudkan Desa Digital

Nasional

Jumat, 19 Juli 2019 | 22:00 WIB

190719220428-wakil.jpg

jabarupdate.com

WAKIL Bupati (Wabup) Gorontalo Utara Thariq Modanggu, sangat mengapresiasi dukungan Perum LKBN ANTARA, untuk mewujudkan desa digital yang akan diarahkan melalui pendekatan 4.0.

Hal itu diungkapkannya, Jumat, setelah mengunjungi langsung dan melakukan pertemuan dengan CEO IMQ Perum LKBN ANTARA, Darmadi dan redaktur pelaksana LKBN ANTARA, Budi Setiawanto di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Baca Juga: Bulan Depan, RW se-Jabar Menerima Smartphone dari Pemprov Jabar

Untuk mewujudkan Visi Pemerintah Daerah, maka perlu diawali dengan pengelolaan daerah sebagai ruang strategi nasional. Dukungan seluruh stakeholder pun sangat diperlukan, kata hariq.

Termasuk media yang dapat memediasi dan memfasilitasi pemberitaan dan penyebarluasan informasi secara digital maupun tata kelola pemberitaannya, agar Gorontalo Utara sebagai wilayah di pesisir laut utara Indonesia, bisa menasional bahkan go internasional.

"Kami dari daerah, menaruh harapan yang besar terhadap dukungan LKBN ANTARA dalam memfasilitasi pemberitaan termasuk memberikan dukungan infrastruktur penunjang," kata Wabup.

Empat hal penting diharapkan dari kerja sama yang dibangun tersebut, yaitu LKBN ANTARA memberikan dukungan fasilitas informasi secara digital, mendukung daerah untuk membangun tata kelola informasi yang betul-betul handal dan berkualitas agar memiliki nilai secara khusus bagi daerah dan secara umum bagi negara. Serta keberadaan kabupaten di wilayah utara Indonesia itu, bisa menggaung di tingkat nasional dan internasional.

"Kami sangat mengapresiasi pihak LKBN ANTARA yang langsung memberikan dukungannya," tutur Wabup.

Kerja sama itu pun. ucapnya, diharapkan akan bermuara pada dukungan LKBN ANTARA dalam memediasi kerja sama internasional.

Seperti halnya keberhasilan yang dirasakan daerah-daerah lainnya, dimana LKBN ANTARA berhasil memfasilitasi daerah melalui distribusi informasi secara luas sehingga menjadi daya tarik bagi negara lain untuk lebih mengenal daerah kita.

Termasuk mendukung pembangunan sumber daya manusia khususnya para pengelola media informasi secara digital, mengingat pemerintah daerah menargetkan pembangunan desa digital yang diharapkan dapat fokus dan mengangkat persoalan pengelolaan wilayah Gorontalo Utara berdasarkan potensi dan kondisi perairannya.

"LKBN ANTARA telah menjadi bagian penting dalam perjalanan pemerintahan daerah ini dan dukungannya pun diharapkan terus mengalir dalam penyebarluasan informasi yang menjadi program pemerintahan daerah terpilih periode 2018-2023 dipimpin Bupati Indra Yasin," ujar Wabup Thariq.

Sementara itu, CEO IMQ Perum LKBN ANTARA, Darmadi, telah menyerahkan draf perjanjian kerja sama (MoU) kepada pemerintah kabupaten Gorontalo Utara, melalui Wakil Bupati, untuk membangun kerja sama media digital. IMQ akan menindaklanjutinya dengan melakukan survei lokasi dan pemberian fasilitas media informasi digital.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Gorontalo Utara, Robin Daud mengatakan, pihaknya segera mempelajari draf perjanjian kerja sama itu.

"Kami berharap, pekan depan sudah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama, dilanjutkan dengan survei lokasi untuk menempatkan fasilitas perangkat display dalam ruangan maupun luar ruangan (videotron) dari IMQ Perum LKBN ANTARA," ujar Robin.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA